WFH ASN Diperpanjang

wfh asn

BantenTribun.id- Pemerintah kembali memutuskan untuk memperpanjang kerja di rumah (WFH) untuk ASN. Sebelumnya masa WFH untuk ASN akan berakhir pada 13 Mei, namun seiring dengan keluarnya Surat Edaran No 54/2020, masa WFH ASN diperpanjang hingga 29 Mei 2020.

Sekretaris Kementerian PAN RB, Dwi Wahyu Atmaji meyatakan perpanjangan masa WFH ASN dimaksudkan untuk mencegah perluasan penyebaran Covid-19 di Indonesia.

“Diperpanjang hingga 29 Mei 2020, dan akan dievaluasi lebih lanjut menyesuaikan dengan keputusan Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 terkait status keadaan pandemi Covid-19 di Indonesia,” ujar Dwi, seperti ditulis dilaman resmi Menpan.

Kendati diperpanjang, Dwi menambahkan bila ASN tetap bekerja dirumah atau tempat tinggal dimana ASN ditempatkan.

Selain itu Pejabat Pembina Kepagawaian agar melakukan penyesuaian sistem kerja serta memastikan pelayanan bagi masyarakat terus berlangsung.

Terkait dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), PPK pada instansi pemerintah diminta melakukan penyesuaian sistem kerja bagi ASN. “PPK dapat menentukan ASN yang bertempat tinggal di wilayah PSBB untuk menjalankan WFH selama masa PSBB,” jelasnya.

Atmaji menjelaskan bahwa SE Menteri PANRB sebelumnya, yaitu No. 19/2020 dan No. 50/2020 masih tetap berlaku dan merupakan satu kesatuan dengan SE yang baru saja terbit ini, sampai dengan ditetapkannya kebijakan baru.

Perpanjangan WFH ini dilakukan dengan mempertimbangkan Keputusan Presiden No. 11/2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Keputusan Presiden No. 12/2020 tentang Penetapan Bencana Non-alam Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) sebagai Bencana Nasional, serta Keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana No. 13.A/2020 tentang Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia

ASN saat ini juga menjadi pihak yang terpapar Covid-19, saat ini banyak diantara para abdi negara tersebut terkonfirmasi positif Covid 19, baik ASN pusat maupun daerah.

WFH menjadi solusi agar sebaran Covid 19 berkurang termasuk pada ASN. (Humas Menpan/Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.