Waspadai Toxic Friendship Di Kantor, Ini Cirinya

toxic friendship

Apa sih Toxic Friendship?, ini adalah hubungan pertemanan yang membuat satu sisi rugi dan sisi lain diuntungkan, menyebalkan bukan jika kamu berada disisi merugikan?

BantenTribun.id- Your Friend Is You, temanmu adalah kamu, karena mereka secara sadar atau tidak akan mempengaruhi perilakumu, jadi nggak ada salahnya kamu memilih dengan siapa kamu benar-benar akan berteman, termasuk teman kantor.

Tapi ada satu hal lagi yang harus kamu perhatiin saat berteman dikantor, yakni adanya gejala Toxic Friendship.

Apa sih Toxic Friendhip, ini adalah hubungna hubungan pertemanan yang membuat satu sisi rugi dan sisi lain diuntungkan, menyebalkan bukan jika kamu berada disisi merugikan?

Oleh karena itu kamu harus pahami ciri-cirinya lalu nilai, apakah hubungan pertemanan yang kamu jalin mengarah ke toxic friendship ini?, berikut ciri-cirinya?

Ogah Dikritik

Pernah ngalami punya teman seperti ini? atau sedang berada di posisi ini? punya teman yang merasa benar sendiri dan ogah dikritik.

Padahal tak ada manusia yang sempurna, semuanya tak luput dari salah dan dosa, siapapun dan seperti apa posisinya.

Jika ada teman seperti ini, jangan jadikan dia benar-benar teman yang kamu butuhkan, jika perlu tinggalkan saja.

Meniru Semua Tentangmu

Kamu punya teman yang terlihat baik padamu, mendengar semua ide dan gagasanmu, tapi tiba-tiba nusuk dari belakang, copy paste idemu dan mengakui bahwa itu idenya.

Sebel banget kan? nah pelajaran pentingnya jika kamu mengalami toxic friendship kaya gini, lebih baik kamu pilih temanmu yang benar-benar mau berjuang bersama, mewujudkan idemu, atau jika tidak, lebih baik diam dan lakukan sendiri.

Toxic Friendship, Drama Mulu

Pernah punya atau sedang punya teman yang hobinya drama mulu? memuji-muji kehebatanmu saat didepanmu, tapi membunuh karaktermu dibelakang, baik pada teman lain atau bahkan pada atasan.

Atau kamu punya teman yang pura-pura nggak mampu mengerjakan ini dan itu, lalu memanfaatkan kamu untuk mengerjakannya?

Drama bisa dilakukan kapan dan dengan cara apa saja, waspada jika kamu punya teman seperti ini, atau jangan-jangan kamu yang seperti ini?

Toxic friendship kaya gini sebenarnya lama-lama bikin lelah. Poin pentingnya kamu jangan terlena dengan pujian apalagi yang palsu, dan tetap tegar menghadapi cobaan, jadi diri sendiri itu lebih baik.

Membuatmu Selalu Merasa Bersalah

Pernah mengalami punya atasan atau teman yang bisanya bikin kamu merasa bersalah? mencari alasan atas ketidak mampuan atau kemalasannya, dan kamu menjadi korban.

Jika kamu sedang mengalaminya, berhati-hatilah. Ia mencoba membuatmu terpuruk dan menjadikannya orant hebat yagn terkesan tidak pernah melakukan kesalahan.

Jangan terlalu dekat dengan orang seperti ini, lalu selalu berpikir sebelum bertindak.

Mengkritikmu Tidak Membangun

Jika teman kantormu hobi mengkritik ide, gagasan atau apa yang kamu kerjakan, waspada jangan-jangan pertemananmu masuk kategori toxic friendship.

Jika kamu terpuruk karena idemu dikritik tapi tidak membangun, lalu kamu malas mengeluarkan ide, dan mewujudkannya, maka ia akan berusaha tampil di depan, dan idenya yang dipakai kantor.

Berjuanglah pertahankan ide dan gagasanmu, wujudkan dan buktikan, anggaplah ia anjing yang menggongong, sedang kafilah terus berlalu.

Bikin Kamu Lelah

Terebak dalam toxic friendship itu bikin lelah, kamu Cuma orang yang dimanfaatkan, tapi ujungnya kamu tenggelam dan terpuruk, waspadailah kondisi ini jika sedang terjadi padamu, sekali lagi selalu berpikir sebelum bertindak.

Tidak semua orang senang dengan dirimu, apalagi kamu berpotensi menjungkalkan status quonya. (red)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.