Update Covid-19 NTB, Ditemukan 18 Kasus Baru, Satu Diantaranya Balita

update covid-19 ntb

BantenTribun.id- Perkembangan penularan Covid-19 di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) masih terus terjadi. Update Covid-19 NTB  hari ini, Senin (1/6) ditemukan 18 kasus baru terkonfirmasi positif dan satu diantaranya adalah balita usia 2 tahun berjenis kelamin laki-laki.

Berdasarkan rilis yang diumumkan oleh oleh tim Gugus Tugas NTB, balita itu merupakan pasien nomor 666, berinisial MLH. Ia adalah warga Desa Beru Kecamatan Brang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat.

Selain MLH, warga Desa Beru yang juga terkonfirmasi positif adalah pasien 667 berinisial IBSG yang berumur 51 tahun, pasien ini diduga tertular dari transmisi lokal, karena ia tidak punya riwayat melakukan perjalanan ke wilayah terjangkit.

Dari 18 pasein yang hari ini terkonfirmasi positif, semuanya dilaporkan tidak pernah melakukan perjalanan ke wilayah terjangkit Covid-19, dengan demikian besar kemungkinan penularan berasal dari transmisi lokal.

Adanya tambahan 18 kasus baru, maka update covid-19 NTB untuk pasien terkonfirmasi positif per hari ini Senin (1/6 ) sebanyak 670 orang, dengan pasien sembuh sebanyak 292 orang, meninggal 13 orang dan 365 lainnya dalam keadaan baik.

Dalam releasenya Tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganana Covid-19 (TGTPP) Provinsi NTB terus melakukan pelacakan terhadap orang-orang yang pernah kontak dengan pasien positif.

Tim juga mengingatkan agar masyarakat tidak mengucilkan pasien positif karena bukan aib. Selain itu tim juga meminta agar masyarakat NTB untuk tetap disiplin melaksanakan protokol pencegahan Covid-19.

Terkait dengan adanya pasien balita yang terpapar virus tersebut, TGTPP NTB meminta agar orang tua untuk lebih perhatian terhadap kesehatan bayi dan balitanya serta tidak membiarkan mereka keluar rumah tanpa pengawasan atau dibawa ke tempat berkumpul atau tempat-tempat keramaian lainnya.

Sementara Update Covid-19 NTB untuk pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 1,290 orang, dimana 45 persennya masih diawasi dan sisanya sudah dinyatakan sembuh.

Untuk Orang Dalam Pemantauan berjumlah 5,856 dan 92 persennya sudah selesai dipantau.

Jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) yaitu orang yang kontak dengan pasien positif Covid-19 namun tanpa gejala sebanyak 6.786 orang, terdiri dari 2.810 orang (41%) masih dalam pemantauan dan 3.976 orang (59%) selesai pemantauan.

Sedangkan Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG) yaitu orang yang pernah melakukan perjalanan dari daerah terjangkit Covid 19 sebanyak 60.940 orang, yang masih menjalani karantina sebanyak 3.950 orang (6%), dan yang selesai menjalani masa karantina 14 hari sebanyak 56.990 orang (94%).

TGTPP NTB terus mengingatkan masyarakat untuk tetap rajin cuci tangan dengan sabun pada air mengalir, memakai masker bila keluar rumah, dan menjaga jarak fisik minimla dua meter guna mencegah penularan Covid-19. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.