Tipe Orang Yang Suka Menunda, Mudah-Mudahan Kamu Ngga Termasuk

tipe orang yang suka menunda

Ternyata ada beberapa tipe orang yang suka menunda melakukan sesuatu. Semoga kamu bukan termasuk tipe tersebut, karena kamu adalah tipe orang yang suka do it dari pada later.

BantenTribun.id- Pernahkan kita merasa terlambat melakukan sesuatu, lalu menyesal kemudian? saya kira bagi orang-orang yang suka menunda hal semacam ini sering dirasakan.

menunda atau istilah kerennya procrastination ternyata banyak memberi dampak buruk bagi kehidupan kita, kini dan nanti.

Dampak paling terasa biasanya membuat kerjaan makin menumpuk, tugas dikerjakan tidak maksimal karena dikejar deadline, panik, stres. Paling parah jadi malas menyelesaikan.

Kesuksesan biasanya gagal dicapai, karena menunda dan tidak mengambil kesempatan yang datang.

Kadang kita juga nggak sadar jika kita adalah bagian dari tipe orang yang suka menunda, dan semoga kamu nggak termasuk di dalamnya.

The Perfectionist

Tipe orang seperti ini, biasanya cenderung menunggu mood untuk mengerjakan sesuatu dan menghasilkan pekerjaan yang baik menurutnya.

Tapi dijaman serba cepat seperti sekarang, menggantungkan diri dengan mood kurang baik juga. Saat ini seseorang dituntut untuk produktif dalam pekerjaannya.

Sebagai jurnalis misalnya, banyak diantara mereka yang dituntut komitmen untuk menulis lebih dari satu artikel sehari, jika menunggu mood, target itu bisa jadi sulit dicapai, dan ujungnya dimarahi redaktur.

The Ostrich

Tipe-Tipe seperti ini banyak beredar diantara kita. The Ostrich biasanya lebih suka membayangkan hasil dibanding mengambil keputusan untuk melakukan.

Bayangkan jika kamu berada ditipe ini dan mau membuka usaha, maka yang ada kamu hanya membayangkan hasilnya, untungnya, atau ruginya, tapi tetap tidak bergerak untuk membuka usaha itu sendiri.

Self Saboteur

Tipe ini bisa dibilang tipe serba takut, dan enggan mengambil resiko. Padahal selalu ada risiko dalam setiap pilihan, namun faktanya terkadang resiko itu tak seperti yang dibayangkan.

Melakukan kesalahan sebenarnya bagian dari pengalaman dan kamu bisa belajar dari kesalahan. Ingat bro, sebelum kamu lancar naik sepeda, umumnya kamu akan merasakan jatuh lebih dulu.

Tipe Orang Yang Suka Menunda, Daredevil

Nah tipe orang yang suka menunda seperti ini yang seperti juga banyak beredar di kantor tempat kamu kerja, teman kuliah bahkan teman sekolah.

“tenang aja bro masih lama ini” ini adalah kalimat killer mereka. Mereka akan terlihat sibuk jika deadline sudah mendekati ubun-ubun.

Namun tahukah kamu, bila mengerjakan sesuatu mendadak, dan dekat dengan batas waktu yang ditetapkan hasilnya jarang sempurna.

The Chicken

Mudah-mudahan kamu atau teman kamu ngga ada yang masuk tipe ini. The Chicken adalah orang yang tidak punya kemampuan mengatur waktu. Ia cenderung melakukan sesuatu yang ingin melakukan sesuatu.

Padahal jika kamu berada dalam sebuah entitas, selalu ada norma dan aturan yang dipatuhi, even kamu memilih jadi enterpreneur, selalu ada komitmen dengan mitra bukan?.

Nah seperti itulah tipe-tipe orang yang suka menunda, dan tipe-tipe itu merujuk pada seorang psikologi sosial bernama Roy F Baumister.

Semoga kamu tidak termasuk di dalamnya. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.