Tanaman Buah Ini ternyata ampuh Mengatasi Diabetes

Mengatasi diabetes ternyata bisa dilakukan dengan mengkonsumsi buah ini, selain tentunya tetap mengamalkan pola makan sehat, istirahat cukup dan rutin olahraga.

mengatasi diabetes
buah jamblang untuk mengatasi diabetes, foto. istimewa

BantanTribun.id- Siapa sangka, angka perkembangan diabetes di Indonesia cukup mengkhawatirkan, seperti ditulis Siloam Hospital, Organisasi Kesehatan Dunia  memprediksi jumlah pasien diabetes di Indonesia akan meningkat signifikan hingga 16.7 juta penderita di tahun 2045.

Data lain juga menunjukan jika Indonesia berada di peringkat ke-6 dari sepuluh negara dengan penderita diabetes tertinggi dunia.

Hal yang juga tak kalah mengkhawatirkan adalah usia penderita penyakit ini tidak lagi di dominasi oleh mereka paruh baya, tapi penyakit ini mulai merata dari rentang usia 20 hingga 64 tahun.

Saat ini cara paling lazim untuk mengatasi diabetes adalah dengan suntikan insulin atau obat penurun kadar gula.

Selanjutnya untuk mencegah penyakit itu hadir dalam tubuh, dianjurkan untuk melakukan pola makan dan istirahat yang sehat, olahraga rutin dan cek darah.

Salahsatu alternatif yang juga bisa dilakukan untuk mengatasi diabetes adalah dengan mengkonsumsi buah atau herbal yang dipercaya bisa mengatasi penyakit tersebut, salahsatunya dengan mengkonsumsi buah Jamblang.

Baca Juga: ketahui gejala diabetes sejak dini

Jamblang (Syzigium cumini) atau nama lainnya duwet merupakan sejenis tanaman jambu-jambuan (Myrtaceae).

Seperti halnya tanaman jambu-jambuan, pohon jamblang merupakan tanaman dengan dengan akar tunggang yang tumbuh menjulang, buahnya berbentuk lonjong dengan panjang 2-3 cm. Warna buah hijau dan memerah keunguan hingga kehitaman jika sudah matang.

Tanaman ini tumbuh baik pada ketinggian 600 kaki atau 1800 m dpl. Jamblang akan berkembang pesat pada daerah kering, berpasir atau daerah batu kapur. Ia sulit tumbuh optimal pada daerah basah atau lembab.

Mengatasi Diabetes dengan Buah Jamblang

Seperti ditulis dalam buku Khasiat buah dan Sayur karangan dr. Setiawan dan dr. Felix Adrian, yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya, buah jamblang efektif untuk mengatasi diabetes.

Daging buah dan biji jamblang berkhasiat hipoglikemik atau menurunkan kadar gula darah, selain itu, buah ini juga dapat menurunkan risiko atherosklerosis 60-90 persen pada penderita diabetes.

kemampuan menurunkan atherosklerosis di picu adanya kandungan oleanolic acid yang menekan peran radikal bebas pembentuk plak/ateroma.

Selanjutnya, masih menurut buku tersebut, praktisi ayurvedic melaporkan bahwa jamblang dapat menurunka kadar gula darah dalam 30 menit, sementara bijinya dapat menurunkan kadar gula dalam 24 jam.

Efektivitas maksimum pencapaian efek hipoglikemik menurut buku tersebut memerlukan waktu sepuluh hari pengobatan.

Mengatasi diabetes dengan mengkonsumsi buah dan biji jamblang juga ditulis dalam buku Atlas Tumbuha Indoensia Jilid 3. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.