Sukses Hadapi Covid-19, Taiwan Siap Sharing Dengan Dunia

Sukses hadapi Covid-19, membuat Taiwan menjadi salah satu negara yang bisa dijadikan contoh dalam penanganan pandemi virus tersebut. Negara itu sukses melakukan penanganan virus dengan berbagai cara yang efektif.

sukses hadapi covid
Taiwan menjadi negara yang sukses hadapi covid-19. foto: pixabay

BantenTribun.id- Taiwan menjadi salahsatu negara yang dianggap sukses hadapi covid-19 dan  menekan sebaran virus itu. Pengalaman mereka dalam menghadapi pandemi virus disinyalir menjadi faktor kesuksesan tersebut.

Seperti diketahui Taiwan merupakan salahsatu negara yang memiliki kualitas peerawatan kesehatan terbaik di dunia. Selain itu, negara ini juga telah bepengalaman dalam memerangi pademi, yaitu SARS.

Saat Covid-19 hadir, Taiwan langsung melakukan tindakan antisipasi yang cepat. Mereka langsung membuat Command Center atau pusat komantdo dan mengalokasikan sumberdaya dan mengelola keadaan darurat.

Negara yang dipimpin Tsai Ing Wen juga langsung menutup perbatasan udara, darat dan laut dan dipantau dengan cepat.

Tak hanya itu, mereka juga telah mengadopsi berbagai teknologi untuk fasilitas diagnosa dan menciptakan mask rationing system, sebuah aplikasi untuk membagikan masker kepada masyarakat.

Langkah lain yang dilakukan oleh Taiwan adalah dengan mengawal akses informasi terutama dari informasi hoax serta membangun sistem literasi digital yang baik untuk mendidik masyarakat tentang Covid-19.

Kini kesuksesan negara dengan penduduk 24 juta itu dalam menangani Covid-19 telah dibagai ke negara-negara lain yang tengah menangani pandemi Covid-19.

Melalui Taitra (Kamar Dagang Taiwan) kesuksesan Taiwan dalam menangani Covid dishare lewat seminar online dengan narasumber dari Rumah Sakit Universitas Nasional Cheng Kung.

Seminar pertama sukses menghadirkan 8 ribu lebih peserta yang berprofesi sebagai tenaga medis dari India.

Selanjutnya pada seminar kedua, 2 ribu lebih peserta hadir dan berasal dari berbagai negara termasuk Myanmar dan Amerika. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.