SK CPNS Untuk Peserta Seleksi 2019, Ditarget 1 Desember 2020

 

SK CPNS Untuk peserta Seleksi 2019 ditarget terbit pada 1 Desember 2020. Harapannya penggajian CPNS bisa diterima pada awal Januari 2021

SK CPNS 2019 ditarget 1 Desember kelar

BantenTribun.id– Perjalananan seleksi CPNS tahun 2019 menjadi berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, khususnya soal waktu. Pandemi Covid 19 yang menimpa Indonesia membuat seleksi berhenti setelah tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di laksanakan pada 10 Maret 2020.

Berdasarkan data Badan Kepegawaian Negara (BKN), jumlah peserta yang mengikut test SKD sebanyak 3,067,821 orang dari total jumlah pendaftar untuk keseluruhan formasi sebanyak 4,197,2018.

Sementara pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) baru di laksanakan pada 1 September sd 12 Oktober 2020.

Ada tantangan dan kekhawatiran saat pelaksanaan SKB, yakni menjadi kluster penularan baru. Namun beruntungnya hal itu tak terbukti. Karena di berbagai instansi baik pusat maupun daerah, pelaksanaan SKB digelar dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Saat ini SK CPNS untuk peserta seleksi tahun 2019, belum terbit. Pasalnya, setelah Test SKB berakhir, BKN tengah melakukan rekonsiliasi hasil integrasi SKD-SKB dengan Pemerintah Daerah dan instansi yang menggelar seleksi CPNS. Rekonsiliasi itu ditarget rampung pada 23 Oktober 2020.

Pembobotan SKD-SKB adalah 40-60. Bobot SKB lebih besar yakni 60 persen, karena pemerintah ingin pegawai yang lolos seleksi yang betul-betul memahami bidang kerjanya.

Kemudian tanggal 26 sampai dengan 28 Oktober, hasil integrasi SKD-SKB akan disampaikan ke BKN dan diumumkan dua hari setelahnya yakni tanggal 30 Oktober 2020.

Setelah itu BKN memberi kesempatan untuk peserta CPNS dan instansi penyelenggara untuk mengajukan sanggahan apabila terjadi permasalahan. Masa sanggah dimulai pada 31 Oktober sampai dengan 3 November 2020.

Jika tidak ada sanggahan, maka pemberkasan dan pengusulan Nomor Induk Pegawai (NIP) baru akan dimulai pada tangagl 4 sampai dengan 30 November 2020. Adapun SK CPNS untuk angkatan tahun 2019, jika tidak ada hambatan, rencananya akan terbit pada 1 Desember 2020 dan mulai mendapat gaji pada awal Januari 2021.

“Penggajian dimulai ketika seseorang benar-benar telah melakukan tugas, dibuktikan dengan surat pernyataan melaksanakan tugas, jadi CPNS 2019, jika menerima SK per 1 Desember lalu bekerja, maka akan digaji pada 1 Januari 2020.” Ungkap Deputi Bidang Kepegawain BKN, Aris Windiyanto. Dalam media briefing yang digelar secara live streaming di akun ASN Kita Beda.

SK CPNS Dengan Proses Digital

Pandemi Covid 19 mau tidak mau, membuat BKN selaku penanggung jawab seleksi CPNS 2019, menggelar proses pemberkasan, penetapan NIP hingga SK CPNS secara online atau Digital. Hal itu untuk meminimalisir pergerakan orang dan dokumen. “Kita usahakan 100 persen tanpa dokumen manual.” Ungkap Aris Windiyanto.

“Prosesnya, peserta yang lolos sebagai CPNS diwajibkan melengkapi dokumen pedukung dengan mengunggahnya di aplikasi SSCASN  menggunakan akun seleski CPNS 2019 dan mengupload dokumen di akun tersebut. “ Tambah Aris.

Aris juga mengatakan, Portal SSCASN adalah pintu masuk untuk pemberkasan. Data yang diupload CPNS yang lolos seleksi akan masuk ke Doku Digital BKN.

Instansi dan BKN akan memproses baik verifikasi hingga pengajuan pertimbangan teknis Pertek) untuk mendapat NIP juga diaplikasi yang sama.

“Kami akan mengirim Pertek yang ditandatangani secara digital, ke instansi di daerah. Sehingga bisa proses selanjutnya dengan penetapan SK CPNS.” Pungkasnya. (kar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.