Serunya Festival Takeda Shingen, Dari Kontes Kecantikan Hingga Berasa Jadi Ksatria Samurai

Takeda Shingen

Festival Takeda Shingen menjadi salahsatu festival budaya jepang yang sanggup menarik ribuan orang untuk datang, dari orang biasa hingga artis mancanegara, beragam acara bisa dinikmati pengunjung, dari kontes kecantikan, kontes jenggot hingga berlaga ala Ksatria Samurai.

Yamanashi, BantenTribun.id- Takeda Shingen Matsuri (Festival Takeda Shingen) adalah salah satu event terbesar di Jepang yang di gelar di perfektur Yamanashi.

Festival ini biasanya diadakan di minggu pertama bulan April untuk mengenang warisan daimyo Takeda Shingen di Kofu, ibukota Yamanashi.

Festival ini berlangsung selama 3 hari, pada hari Jumat hingga Minggu. Festival ini mempunyai makna filosofi yang mendalam bagi masyarakat Yamanashi.

Zaman dulu wilayah ini dikenal dengan nama Kai no Kuni atau Negeri Kai. Yang penguasanya adalah Takeda Shingen.

Takeda Shingen adalah sosok samurai kuat pada zaman akhir Sengoku. Ia terkenal akan keberaniannya yang membuat Takeda Shingen di kagumi oleh kawan maupun lawannya.

Shingen memiliki persaingan legendaris dalam perebutan wilayah dengan Uesugi Kenshin dan mereka bertempur dalam lima pertempuran selama pertempuran Kawanakajima.

Takeda Shingen Dalam festival ini kedahsyatan pertempuran itu di peragakan ulang dengan melibatkan ribuan partisipan yang berpakaian meyerupai prajurit-prajurit samurai zaman sengoku.

Biasanya Takeda Shingen akan di perankan oleh salah satu aktor terkenal Jepang bersama ke 24 jendralnya yang legendaris.

Setelah acara ritual minum teh Shingen-Ko, Takeda Shingen akan memimpin arak-arakan pasukannya melalui jalan-jalan Kofu.

Mereka berbaris dari alun-alun depan stasiun Kofu menuju reruntuhan kastil kofu di taman Maizuru yang telah di penuhi bunga sakura bermekaran.

Pada hari ketiga mereka sampai di Takeda jinja atau kuil Takeda untuk mengenang kematian dari salah satu Daimyo terkuat ini melalui ritual-ritual Shinto.

Secara garis besar bisa di katakan festival ini menceritakan kedatangan Takeda Shingen sebagai pengguasa sekaligus kematiannya yang dramatis.

Pada tahun 2012 festival ini masuk kedalam pencatatan rekor dunia dalam kategori “Pertemuan Samurai Terbesar” seluruh dunia dengan melibatkan 1.061 peserta.

Dengan peserta sebanyak ini dan keseluruhan memakai kostum samurai yang sangat rinci membuat kita yang melihatnya seperti terlempar kembali ke dalam zaman Sengoku.

Yang paling istimewa adalah siapapun dapat berpartisipasi dalam festival ini. Para pengunjung ataupun para mahasiswa mancanegara di berikan akses untuk ikut berpartisipasi.

Bahkan pada festival tahun 2017, selebritis Indonesia seperti Indra Bekti, Donna Agnesia, Vincent Rompies, Okky Lukman dan beberapa selebritis lainnya mendapat kesempatan ikut berpartisipasi dalam event ini.

Anda juga dapat berkeliling di sekitaran jalan stasiun Kofu untuk sekedar menikmati aneka kuliner khas Yamanshi yang di jajakan kios-kios kaki lima di sepanjang jalan.

Berikut beberapa acara dalam Takeda shingen matsuri yang dapat penulis rangkum :

  • Upacara minum teh
  • Doa ritual
  • Kios jalanan dengan produk lokal Yamanashi, kios makanan dan minuman
  • Kontes Gaya Jenggot Koihige
  • Kontes Kecantikan Koihime
  • Pengambilan Sampel Makanan Periode Sengoku
  • Parade Tari “Fu-Rin-Ka-Zan” dengan 1000 pemain
  • Penempatan Batalyon Koshu
  • Parade Samurai Anak
  • Parade Periode Takeda
  • Turnamen Kendo
  • Pertunjukan Drum Jepang Taiko

Pertunjukan Kofu Hayashi – Pertunjukan tradisional ” Noh ” Jepang dalam merayakan kemenangan pertempuran

Jika anda ingin melihat sejarah, budaya, dan tentu saja keindahan bunga sakura dalam satu kejadian sekaligus, maka disarankan datang ke Yamanashi pada bulan April. (kontributor dari Jepang, Fajar Alfiyanto)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.