Selain Jadi Bumbu Khas Batak, Ini Manfaat Andaliman yang Wajib Kamu Ketahui

Manfaat Andaliman yang beraneka ragam menambah khasanah dan keragaman rempah Indonesia, buah yang biasa digunakan sebagai bumbu khas Batak ini ternyata berpotensi digunakan untuk bahan yang berguna bagi kesehatan.

manfaat andaliman

Bantentribun.id- Indonesia dan Rempah, dua hal yang tidak bisa dipisahkan sejak jaman dahulu. Datangnya para penjajah Portugis, Belanda, hingga Jepang salahsatunya ingin mengeruk kekayaan tanah air termasuk potensi rempahnya.

Salahsatu rempah yang memiliki segudang manfaat itu adalah Andaliman (Zanthxylum acanthopodium).

Mengenal Andaliman

Andaliman merupakan tanaman semak atau pohon kecil yang bercabang rendah, tingginya sekitar 5 meter, ia masuk dalam famili Rataceae atau tanaman perdu.

Buahnya bulat hijau dan kecil, bila digigit akan mengeluarkan aroma wangi dan rasa yang tajam serta merangsang produksi air liur.

Tumbuhan ini tersebar di beberapa negara seperti India, Nepal, Pakistan, Thailand dan Cina.

Tanaman ini tumbuh baik pada ketinggian 1,200-1,400 meter di atas permukaan laut (m dpl), tapi di Cina ia bisa masih sanggup bertahan pada ketinggian nyaris 3,000 m dpl

Di Indonesia, Andaliman banyak ditemukan di daerah Sumatera Utara, seperti di Kabupaten Dairi, Siborong-borong, dan Tapanuli Utara. Ia juga tumbuh liar di kawasan Danau Toba.

Bumbu Khas Batak

Manfaat andaliman di Indonesia, khususnya di daerah Sumatera Utara biasanya digunakan sebagai bumbu penyedap masakan.

Pasar-pasar tradisional dibeberap wilayah Sumatera Utara, banyak yang menjual Andaliman baik dalam bentuk buah utuh maupun sudah dihaluskan sebagai bumbu.

Dalam buku Eksotika Toba, karangan Ima Hardiman yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama, Andaliman bisa disulap dalam aneka masakan khas Batak.

Adalah Marandus Sirait yang mencoba membawa Andaliman Go Internasional. Ia menyulap rempah itu menjadi makanan seperti Lampet, dolung-dolung, Sasagun hingga sambal dalam kemasan botol.

Manfaat Andaliman

Jika mau menggali, manfaat andaliman ternyata bukan hanya untuk bumbu masak khas batak saja. Tanaman satu ini memiliki kandungan yang berguna bagi kehidupan termasuk untuk pengobatan.

Buku Mengenal Potensi Merica Batak, Andaliman, yang disusun oleh Angelia Utari Harahap dan Rikardo Silaban menjelaskan, kandungan fitokimia tanaman tersebut memiliki efek farmakologis sebagai antibakteri, maupun antivirus.

Manfaat Andaliman lainnya adalah sebagai bahan pembuatan insektisida, ia  berguna untuk menghambat pertumbuhan serangga Sitophilus Zea Mais, untuk mengurangi rasa lapar serangga yang memakan bagian tanaman jagung.

Dalam beberap riset, Andaliman juga digunakan sebagai ekstrak dalam pembuatan telur asin, dan dipercaya dapat memperpanjang masa simpan.

Dalam buku 40 Resep Wedang Empon-Empon Penangkal Virus, Penambah Imun dari Pusat Studi Tropika LPPM IPB dan Gagas Ulung, menyatakan buah Andaliman biasa digunakan sebagai bahan aromatik, tonik, dan obat sakit perut. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.