Sekolah Tatap Muka di Pandeglang Resmi Dimulai Senin Depan, Ganjil- Genap Jadi Syarat

  • Sekolah tatap muka di Pandeglang untuk tingkat SD dan SMP resmi diijinkan i senin depan, dengan berbagai syarat.
  • KBM tatap muka untuk tingkat TK atau PAUD, menyusul sebulan kemudian.
  • Irna Narulita keluarkan surat edaran terkait ini, dengan bebagai syarat. Skema ganjil-genap jadi salah satunya.
    sekolah tatap muka di pandeglangSekolah tatap muka di Pandeglang, mulai resmi diizinkan Senin 10/8/20, dengan berbagai syarat (foto ilustrasi Nur/BantenTribun)

Pandeglang,BantenTribun.id-Kegiatan belajar tatap muka untuk sekolah tingkat SD/ MI dan SMP/MTs di Pandeglang ditengah pandemic Covid, resmi bakal dimulai pada Senin,10 Agustus 2020, dengan beberapa syarat.

Kepastian diperbolehkannya kegiatan belajar secara langsung ini, tertuang dalam Surat Edaran (SE) Bupati Pandeglang, Irna Narulita.

Surat edaran bernomor 423/1982-Dikbud/2020, tanggal 7 Agustus, tentang pembelajaran tatap muka ini, mengijinkan sekolah sesuai tingkatan untuk mengadakan KBM tatap muka tahun ajaran 2020/2021 bagi sekolah yang sudah memenuhi protocol kesehatan, mendapatkan persetujuan dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Pandeglang,  serta sudah mendapat izin dari Pemda melalui Disdikbud atau Kantor Kementerian Agama Pandeglang.

Sementara, untuk tingkat Taman Kanak-kanak (TK/RA), yang sudah memenuhi persyaratan tersebut, kegiatan pembelajaran tatap muka diizinkan mulai 7 September 2020, atau sebulan sesudah tingkat SD/SMP.

Sedangkan untuk Taman Penitipan Anak (TPA), Kelompok Bermain (Kober) dan Satuan PAUD, yang sudah memenuhi protocol kesehatan, izin kegiatan tatap muka diberikan mulai 5 Oktober 2020, atau dua bulan sesudah tingkat SD/SMP.

“Ya, Bupati Pandeglang sudah mengeluarkan surat edaran terkait izin kegiatan belajar tatap muka. Sebelumnya kami sudah melaksanakan musyawarah dengan berbagai pemangku kepentingan pendidikan pada 27 Juli lalu, yang meminta sekolah segera membuka KBM tatap muka, setelah menampung banyaknya keluhan dan keinginan orangtua siswa, ” terang Eka Supriatna, Sekretaris Dewan Pendidikan Pandeglang, kepada BantenTribun,Sabtu (8/8/20).

Dalam surat edaran ini, selain jadwal KBM untuk beragam tingkatan sekolah, juga diatur tehnik pembelajaran tatap muka berdasar skema ganjil genap

sesuai nomor urut absensi siswa, dengan pemberlakuan 3 hari belajar di sekolah dan 3 hari belajar dirumah dalam enam bulan kedepan.

Selain itu, waktu belajar tatap muka disekolah juga masih dibatasi. Untuk tingkat TK/RA, waktu belajar tatap muka hanya diperkenankan selama 2 jam.

Untuk tingkat SD/ MI, waktu belajar di sekolah  hanya diizinkan selama 3 jam, dimulai pukul 7 pagi hingga pukul 10 Wib, untuk kelas 1 dan 2.  Sedangkan untuk kelas 3-4 dimulai pukul 7.30 Wib dan pukul 8 untuk kelas 5-6.

Bagi sekolah setingkat SMP atau MTs, jam belajar tatap muka disekolah hanya selama 4 jam, dimulai pukul 7 pagi,  dan berlaku jam masuk bergantian seperti halnya tingkat SD.

Kegiatan belajar atau sekolah tatap muka di  Pandeglang harus diikuti dengan berbagai persyaratan ini, akan tetap dipantau selama enam bulan kedepan.

Jika terdapat indikasi sekolah tidak aman dari covid- 19, maka Disdikbud atau Kantor Kemenag Pandeglang wajib menutup kembali pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan tersebut.

Kepala Sekolah SDN Pandeglang 4, Nani Sri Hernani (foto-BantenTribun)

“Sekolah memang akan dipantau pelaksanaan protocol kesehatannya, mulai penggunaan masker, fasilitas cuci tangan, jarak aman, juga secara berkala akan disemprot disinfektan,” kata Nani Sri Hernani, Kepala SD Negeri Pandeglang 4, kepada Banten Tribun.

Menurut Nani, pembatasan jumlah siswa dalam satu kelas  tatap muka memang hanya separuhnya saja, untuk tetap menjaga jarak.

Namun demikian, masih kata Nani, pilihan tehnik skema masih bisa menyesuaikan dengan pihak sekolah.

“Di sekolah kami  masuk belajar tatap muka  menggunakan skema nomor urut absensi siswa dari 1sampai 15 dalam satu rombongan belajar dan 16 sampai 32 dalam rombel lainnya,” terang Nani *(kar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.