Ridwan Kamil Siap Endorse Produk UMKM

Ridwan Kamil siap endorse  produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Jawa Barat agar bangkit dari pandemi.

Hanya saja Pria yang biasa dipanggil Kang Emil memberikan syarat tertentu agar produk itu bisa diendorse olehnya.

ridwan kamil
Ridwan Kamil Foto : Common Wikipedia

BantenTribun.id- Ridwan Kamil rupanya tak main-main tentang transformasi digital dan pengembangan UMKM di Jawa Barat.

Seperti diketahui saat ini banyak UMKM yang tiarap karena pandemi. Mereka berharap bisa bangkit melalui pemasaran digital.

Oleh karena itu ia mengajak pelaku UMKM Jawa Barat untuk bangkit dan beralih ke digital. Kang Emil bahkan siap melakukan ‘endorsement’ untuk produk tersebut.

“Saat ini saya sedang kurasi produk-produk yang akan saya endorse dan saya desain. Dengan 20 juta follower di media sosial, saya biasa membantu mempromosikan.” Ungkap Kang emil dalam acara Marketeers Festival 2020 yang digelar secara daring dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu 19 September 2020.

Ridwan Kamil juga mengatakan dalam dunia marketing sekarang atau ia istilahkan dengan ‘Beyond Marketing’ seorang endorser harus punya keterikatan yang kuat dengan produk yang dipasarkan.

Oleh karenanya, Kang Emil mensyaratkan bagi produk UMKM Jawa Barat yang ingin mendapatkan endorse. Harus melibatkan dirinya dalam mendesain produk. Hal itu juga sesuai dengan latar belakangnya sebagai seorang arsitek.

“Jadi nanti ada edisi Ridwan Kamil untuk sepatu, jaket, desain, radio, motor dan lain-lain. Ini tawaran saya, syaratnya kita Kolaborasi.” Terang Kang Emil.

Menurut kang emil dukungannya untuk jadi endorser produk UMKM Jawa Barat. Tak lain karena ia ingin 37 ribu UMKM di daerah yang dipimpinnya kembali bangkit.

“Sebenarnya endorse ini berlaku juga untuk semua UMKM di Indonesia, tapi prioritas saya Jawa barat dulu. Sekarang udah mulai, tapi supaya terorganisir bisa kontak Dinas Koperasi Usaha Kecil (KUK) Jawa Barat.” Imbuhnya.

Selain dengan transformasi digital dan endorse produk. Ridwan Kamil juga menyarankan agar pelaku UMKM yang kini tiarap karena Covid 19 segera bangkit.

“UMKM di Jawa Barat bisa memanfaatkan akses modal dari Bank Jabar Banten (BJB). Selain itu pemerintah pusat juga telah menyimpan dana Rp 2 trilyun di BJB. Contohnya untuk bantuan akses modal.” Jelas Kang Emil.

Selain akses permodalan dan pemasaran, Ridwan Kamil juga meminta UMKM untuk memiliki karakter pada desain produknya. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.