PPDB 2020 : Baru 14 Provinsi Yang Bisa Full Daring

ppdb 2020

BantenTribun.id- Kementerien Pendididkan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tetap akan melaksanakan proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020 meski dihadapkan pada wabah Covid-19.

Oleh karenanya, pihak Kemendikbud melihat dimasa pandemi seperti sekarang, pelaksanaan PPDB akan lebih aman bila dilakukan secara daring (online).

Baca Juga: Kemdikbud Dorong Pemda Lakukan PPDB Secara Daring

Berbagai persiapan telah dilakukan oleh Kementerian yang bertanggungjawab mencerdaskan anak bangsa itu. Salahsatunya dengan mengecek kesiapan daerah.

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen PAUD Dikdasmen) Kemendikbud Hamid Muhamad menyatakan untuk ppdb 2020 baru ada 14 Provinsi yang siap menggelar secara full daring. Sisanya masih kombinasi antara daring (online) dan luring (offline)

Provinsi yang siap melaksanakan PPDB secara full daring yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, jawa Timur, DI Yogyakarta, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Bangka Belitung, Sulawesi Selatan, Bali dan Nusa Tenggara Barat.

Provinsi yang lain seperti Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Lampung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Timur, Bengkulu, Maluku Utara, Banten, Gorontalo, Papua Barat, Sulawesi Barat dan Kalimantan Utara, akan melaksanakan PPDB dengan cara daring dan luring.

Sedang satu provinsi lainnya, yakni Papua belum melaporkan akan seperti apa pelaksanaan PPDB nya.

Bagi sekolah yang melaksanaan PPDB secara luring, Kemendikbud mewajibkan penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. (red)

PPDB Tingkat Kabupaten

Dalam rapat virtual yang digelar Kamis (28/5), Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemendikbud Hamid Muhammad mengklaim telah mendata 514 Kabupaten / Kota terkait pelaksanaan PPDB.

Hasilnya dari jumlah yang terdata, hanya 221 Kabupaten / Kota yang siap melaksanakan PPDB secara daring, sementaa sisanya yakni 293 Kabupaten / Kota akan melaksanakan PPDB dengan sistem luring (Luar Jaringan).

Sesuai Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, bagi Kabupaten / Kota yang mengalami kendala teknis dalam pelaksanaan PPDB 2020 agar mengajukan pendampingan kepada Pusdatin Kemdikbud dan dilakukan integrasi data. (red)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.