Potensi Mikroalga, Dari Komsetik Hingga Biofuel

Potensi Mikroalga di sektor perikanan sangat menjanjikan, produk derivatnya sudah digunakan sebagai bahan baku kosmetik dan nutrisi bagi manusia dan hewan.

Kedepan Biofuel dari spesies itu juga perlu dikembangkan. Sebagai solusi alternatif energi hijau.

potensi mikroalga

BantenTribun.id- Potensi perikanan dan kelautan Indonesia ternyata luas dan beragam, bukan hanya budidaya ikan dan rumput laut, tapi ada satu lagi yang tak kalah menjanjikan, Mikroalga.

Potensi Mikroalga sebagai bisnis masa depan sektor perikanan Indonesia memang menjanjikan. ’Makhluk ini’ berguna untuk kehidupan, mulai dari kosmetik, bio fuel atau bahan bakar alami, hingga pakan ikan.

Spirulina misalnya, potensi mikroalga dari spesies ini sudah lazim diketahui publik sebagai bahan baku produk kecantikan.

Kandungan antioksidan, vitamin E, tirosin dan slenium pada Spirulina dipercaya dapat merawat kecantikan wajah, mencegah penuaan dini, menghapus kerutan dan membuat kulit lebih kencang.

Selain spirulina, spesies mikroalga yang tak kalah berguna adalah Chlorella dan N oculata.

Potensi Mikroalga sabagai makanan bernutrisi tinggi

Selain berguna untuk merawat kecantikan wajah, potensi mikoralga juga bisa dimanfaatkan seabgai makanan bernutrisi tinggi bagi manusia, hewan termasuk ikan.

Seperti ditulis oleh Dr. Uun Yanuhar, S.Pi.,M.si, dalam buku Mikroalga Laut Nannochloropsis oculata yang diterbitkan UB Press, menyatakan mikroalga merupakan penghasil senyawa penting seperti lipid, protein dan pigmen.

kandungan senyawa penting tersebut, membuat potensi mikroalga sebagai nutrisi bagi kesehatan manusia dan hewan cukup menjanjikan.

Selain itu, mikroalga juga mengandung asam lemak tak jenuh, senyawa fenolik, dan karotenoid.

Sebagaian besar hasil penelitian terhadap makhluk ini menunjukan potensi yang menjanjikan untuk obat anti imflamasi, antivirus, antimikroba, antihelmintik (pelumpuh cacing dalam usus), sitotoksik, imunologi dan enzim yang bersifat penghambatan.

Potensi mikroalga sebagai makanan bernutrisi tinggi lainnya adalah untuk megnatasi kanker.

Mikroalga merupakan spesies phototropic yang memiliki kandungna oksigen tinggi dan tekanan radikal optimal. Adanya kandungan okesigen tinggi dan tekanan radikal tersebut mampu menghasilkan senyawa kimia yang bersifat oksidatif.

Itulah yang membuat Mikroalga berguna untu mengobati kanker, penuaan, peradangan, stroke hingga Parkinson dan Alzheimer

Biofuel

Potensi mikroalga sebagia bahan baku biofuel atau bahan bakar nabati ada pada spesies Chlorella dan N oculata.

Dalam buku Teknik Bioenergi. Tulisan dari Bambang Susilo,dkk terbitan UB Press. menyatakan kandungan minyak pada mikroalga N oculata mencapai 68 persen dari berat keringnya.

Terkait dengan pengembangan mikroalga sebagai biofuel memang tidak mudah. Selain dari teknik pemanenan yang baik, teknologi yang digunakan masih perlu dikembangkan dengan inovasi-inovasi yang lebih impresif. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.