Pemuda Pelopor Pandeglang Hadiri Gerakan Kedaulatan Pangan dan Energi di Palangkaraya

Dadan HudayaPemuda pelopor penggerak
Dadan Hudaya, Pemuda pelopor penggerak bidang ketahanan pangan,saat presentasi di pertemuan pemuda pelopor penggerak produk unggulan daerah di Palangkaraya-Kalteng (foto-dok)

Pemuda pelopor  penggerak produk unggulan daerah berkumpul di Palangkaraya Kalteng selama 4 hari. Mereka diharapkan bisa melakukan aksi pengembangan ekonomi kemasyarakatan di daerahnya, pasca pertemuan tersebut. Dana stimulus sebesar Rp 5juta, menjadi bekal awal.

Pandeglang, BantenTribun.id– Dua pemuda pelopor penggerak produk unggulan daerah dari Pandeglang, menghadiri puncak acara Gerakan Kedaulatan Pangan dan Energi melalui produk unggulan daerah yang dipusatkan di lokasi pameran Temanggung Tilung, Palangka Raya, KalimantanTengah,Minggu (19/11) kemarin.

Dadan Hudaya, dari Kecamatan Mandalawangi, mewakili Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang, untuk bidang ketahanan pangan dengan “Beras Merah” sebagai produk unggulan daerah.

Sementara,  Ani, pemuda dari Kecamatan Saketi, mewakili Dinas Lingkungan Hidup, yang mempelopori pengembangan madu klanceng sebagai produk unggulan daerahnya, sebagai komoditas Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK).

Kedua pemuda pelopor dari Pandeglang ini, bergabung bersama 139 pelopor penggerak produk unggulan daerah lainnya, dan 150 peserta pelatihan gastronomi.

Acara puncak peringatan Gerakan Kedaulatan Pangan dan Energi ini juga dihadiri Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran, Walikota Palangkaraya Riban Satia, dan beberapa bupati dari Provinsi Kalimantan Tengah.

Selain itu juga dihadiri Deputi Bina Kombinasi Pemberdayaan Desa dan Kawasan pada Kementerian DPDTT, Nyoman Suwida dan beberapa Dirjen serta para pejabat dari seluruh nusantara serta beberapa pimpinan perusahaan BUMN.

 “Dengan diikutsertakannya dua wakil pemuda pelopor di bidangnya, diharapkan mereka bisa membuat rencana aksi pengembangan ekonomi di masyarakat sesuai bidangnya,” kata Kemih Kurniadi, Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pandeglang, Selasa (21/11) di Kantornya.

Menurut Kemih, dalam acara puncak peringatan pemuda pelopor penggerak produk unggulan daerah  di Palangkaraya selama 4 hari itu, Provinsi Banten hanya mengirimkan wakilnya sebanyak 3 orang.

“Satu wakil lagi dari Serang,” ucap Kemih.

Dadan Hudaya, pelopor bidang ketahanan pangan, mengaku banyak mendapat ide dan masukan dari pertemuan tersebut.

“Insya Allah sangat bermanfaat sebagai bekal dalam melakukan aksi  pengembangan di masyarakat nanti,” kata Dadan lewat pesan teks -nya kepada BantenTribun. *(Mi)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.