Punya Komitmen Inovasi, Pemkab Lebak Diganjar INAGARA Award

Pemerintah Kabupaten Lebak mendapat penghargaan pemerintah pusat, kali ini berupa Inovasi Administrasi Negara alias INAGARA Award dari Lembaga Administrai Negara karena dinilai punya komitmen kuat dalam berinovasi.

inagara award

BantenTribun.id- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak bersama tiga Kabupaten lain yakni Maluku Tengah, Mempawah dan Cilegon diganjar penghargaan Inovasi Administrasi Negara (INAGARA) Award tahun 2020 oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) lembaga itu yang digelar secara online, Kamis (6/8).

Penghargaan itu diberikan LAN kepada daerah yang memiliki komitmen kuat dalam melakukan inovasi dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.

Bupati Lebak Iti Octavia yang menerima penghargaan secara virtual di ruang Data Centre Sekretariat Daerah Kabupaten Lebak mengaku  sangat bersyukur atas apresiasi yang diberikan LAN pada Pemkab Lebak.

“Syukur alhamdulillah, tahun 2020 ini Pemkab Lebak kembali mendapat penghargaan dari pemerintah pusat, kali ini dari LAN, berupa INAGARA  Award, penghargaan ini merupakan apresiasi LAN pada daerah yang punya komitmen dalam berinovasi,” kata Iti.

Alasan Lebak Raih INAGARA Award

LAN tidak serta merta memberikan INAGARA Award kepada Pemkab Lebak. Lembaga itu memiliki beberapa kriteria bagi daerah yang layak menerima penghargaan tersebut, diantaranya: Telah melakukan launching inovasi, pendampingan intensif kepada Perangkat Daerah, melakukan diseminasi inovasi, dan menyusun direktori inovasi.

Selain itu, Pemkab Lebak juga telah berhasil melakukan 5 tahapan yang ditetapkan dalam Laboratorium Inovasi (Labinov). Kelima itu adalah:

  1. Drum-up atau tahap menggugah dan menginspirasi;
  2. Diagnose (menemukan inovasi)
  3. Design (merancang inovasi)
  4. Deliver (melaksanakan implementasi ide inovasi dan monev), serta
  5. Display (festival dan promosi).

Sejak tahun 2017, Pemkab lebak telah melakukan kelima tahap itu dan telah dituangkan dalam dokumen Direktori Inovasi edisi 1,2 dan 3.

Upaya Pemerintah Dorong Inovasi

Inovasi diperlukan agar pemerintah mampu keluar dari rutinitas business as usual yang monoton.

Selain itu, inovasi akan mendorong  aparat punya tradisi, pola dan cara baru dalam bekerja yang lebih efektif dan efisien yang bermuara pada pelayanan publik yang cepat, tepat dan akurat.

Selanjutnya, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 38 Tahun 2017, tentang Invoasi Daerah menyatakan bahwa inisiatif inovasi daerah tidak hanya berasal dari ASN, tapi juga dari anggota DPRD, Perangakat Daerah hingga masyarakat umum.

Berbagai apresiasi terkait inovasi diberikan oleh pemerintah pusat dari beberapa lembaga, seperti Innovative Government Award dari Kementerian Dalam Negeri, Kompetisi Inovasi Pelayanan Pubik (SINOVIK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birkorasi, Anugrah Budhipura dari Kementerian Riset da Pendidikan Tinggi, serta Inovasi Administrasi Negara (INAGARA) Award dari Lembaga Administrasi Negara.

Terkait INAGARA Award, selain Pemkab Lebak dan Cilegon yang mendapat penghargaan tahun ini, sebelumnya Pemkab Serang juga pernah mendapat penghargaan yang sama di tahun 2018. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.