Pemerintah Korea Selatan Dorong “Era Hallyu Baru” Sebagai Alat Ekspansi Budaya Ke Luar Negeri

Era Hallyu Baru, terus didorong Pemerintah Korea Selatan sebagai alat untuk melakukaan ekspansi budaya ke luar negeri, sekaligus membangun image Korea Selatan sebagai negara dinamis dan futuristik.

era hallyu baru

BantenTribun.id- Pemerintah Korea, melalui Kementerian Kebudayaannya terus mendorong ekspansi budaya negara tersebut ke berbagai negara lain di dunia.

Park Yang Woo, Menteri Kebudyaan Korea dalam sebuah konferensi pers di Kompleks Perkantoran Pemerintah Pusat negara tersebut mengaku akan melakukan diversifikasi hasil budaya untuk menumbuhkan industri korea, baik untuk barang-barang konsumsi maupun jasa.

“Gelombang budaya Korea atau Hallyu telah berkembang dengan pesat dan memegang kunci untuk promosi budaya negeri ginseng di luar negeri,” ungkap, Park Yang Woo pada Korean Times, beberapa waktu lalu.

Orang nomor satu dibidang Kebudayaan Korea Selatan itu, mengakui bila citra Korea sebagai negara yang futuristik dan dinamis, terus dibangun lewat Hallyu.

Hanya saja, ia mengaku saat ini konten Hallyu lebih terkonsentrasi pada K-Pop dan Drama (Drakor). Ia pun mengakui, ada hambatan terhadap Hallyu di beberapa negara. Namun gerakan anti korea itu akan terus ditekan dengan berbagi diversifikasi budaya yang dihasilkan nantinya.

Lebih lanjut, demi menebar “era Hallyu baru,” Kementerian Kebudayaan Korea Selatan telah melakukan pertemuan dengan perwakilan dari 13 Kementerian negara tersebut, dan membentuk dukungan serta kerjasama untuk mengembangkan “konten Era Hallyu Baru”.

“Konten Hallyu memberi kami kepercayaan diri bahwa kami bisa menjadi negara terkemuka dan paling berpengaruh dalam bidang budaya” ungkap Park Yang Woo.

Namun Ia juga menyadari bila Hallyu berada dipersimpangan jalan, dan perlu langkah-langkah baru yang lebih kreatif. “Sekarang saatnya bagi pemerintah untuk mendukung langkah-langkah baru atau era hallyu  baru namun tak mengganggu kepentingan swasta,” jelasnya.

Era Hallyu Baru

Hallyu atau Gelombang Korea yang dikenal juga dengan Korean Wave merupakan alat promosi budaya korea, baik melalui barang-barang, maupun berbagai sektor bisnis yang terkait di dalamnya.

Pemerintah Korea Selatan mengaku terus memodifikasi gerakan tersebut dari Hallyu 1.0, Hallyu 2.0 da Hallyu 3.0.

Kemudian, diversifikasi budaya terkait Era Hallyu Baru berikutnya yang juga dilirik pemerintah adalah esport. Korea Selatan berencana akan menjadi tuan rumah esport pada bulan November, dan akan bertanding dengan dua negara yakni Jepand dan Cina.

Meski begitu, berbagai industri terkait Hallu seperti kecantikan, kuliner dan mode, terus dikembangkan, dan K Culture atau festival budaya Korea Selatan juga menjadi prioritas sekaligus sebagai penhubung berbagai bisnis berbasis layanan, pariwisatas, kesehatan dan pendidikan. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.