Pembangunan Jalan Beton Di Pandeglang Tidak Dilengkapi LC

Jalan Beton
Plang proyek pembangunan jalan beton Pandeglang di Kecamatan Majasari. Foto BantenTribun

Pandeglang,BantenTribun.id- Kepala bidang (Kabid) Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kabupaten Pandeglang, Dana Mulyana menyebutkan, jika proyek rigit beton jalan raya Maja-Kuranten tidak dilengkapi LC/Lean Concrete . Hal ini menjawab pertanyaan warga sekitar yang mengaku heran, melihat pekerjaan yang ada di wilayahnya itu berbeda dengan proyek sejenis yang ada di tempat lain.

Beberapa warga yang dihubungi BantenTribun, merasa kaget karena hasil pekerjaan itu sudah mulai retak-retak, padahal belum dilintasi kendaraan roda empat atau lebih.

“Baru juga dilewati  motor  sudah retak, apalagi mobil,”kata Beny yang  diamini Suratno,  keduanya warga Perumahan Saruni Kecamatan   Majasari, Pandeglang. Warga menduga penyebab keretakan itu karena pekerjaan lantai pengecoran tidak menggunakan besi.

“Untuk pekerjaan jalan Maja-Kuranten itu memang tidak pake LC, besi juga hanya sambungan saja, itu dari perencanaan-nya memang begitu,” kata Dana Mulyana, Senin (14/8).

Tidak hanya pekerjaan di Maja-Kuranten itu saja, kata dia, semua pekerjaan jalan (betonisasi) yang menggunakan APBD kabupaten Pandeglang, semuanya tidak dilengkapi LC.

“Kenapa tidak pake LC? ya karena anggaran di kita-nya terbatas. Kalau dipaksakan pake LC, hasilnya (jalan yang dibangun) hanya dapat sedikit,” kilahnya.

Adapun untuk penggunaan besi, tambahnya, tidak semua jalan beton harus menggunakan besi.

“Tidak semua harus pake besi. Karena ada yang tulangan dan ada juga yang tidak tulangan,” ujarnya.

Namun begitu, terkait hal ini, Dana mengaku, pihaknya telah ditegur oleh Kementrian PUPR.

“Iya, kami oleh PUPR pusat juga ditegur. Mereka mempertanyakan kenapa jalan beton di kabupaten Pandeglang tidak dilengkapi LC, ya jawaban kita karena anggaran yang ada di Pandeglang minim,” ungkapnya.

Lean concrete atau sering disebut juga rabat beton lantai kerja merupakan lapisan beton bermutu rendah dengan ketebalan umumnya sekitar 5 cm yang biasa terbuat dari campuran beton 1 pc : 3 ps : 5 kr atau bisa juga menggunakan beton readymix B0 atau readymix K-125 (tergantung persyaratan dari pihak Perencana). Rabat beton lantai kerja biasa diperhitungkan dalam satuan m3 atau dapat juga dalam m2.

Sebelumnya, beberapa warga mengeluhkan kondisi pembangunan jalan beton yang nilainya diatas 2 Milyar tersebut.

“Proyek 2 Milyar lebih kok kaya jalan beton di desa,” celetuk salahsatu warga.

Tanggapan serupa dilontarkan Suratno, warga Saruni.

“Saya tidak melihat ada pemasangan besi, lagi pula pengerjaannya dilakukan malam hari,” kata Suratno. (Jands)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.