Paduan Suara SMAN 2 Pandeglang Tampil Memikat di Ajang Lomba Kodam Siliwangi

Bandung,Banten Tribun.id – Tim Paduan Suara”Gita Suara Samakta” SMA Negeri 2 Kabupaten Pandeglang, tampil memukau pada lomba lagu daerah, lagu wajib dan lagu perjuangan dalam ajang lomba tingkat Komando Daerah Militer (Kodam) III Siliwangi. Ini terlihat dari respon dan tepuk tangan riuh penonton yang memenuhi Aula Citra Bakti Kodim 0618/BS di Kota Bandung, Rabu (13/9).

Meski tampil memukau namun nasib baik belum berpihak pada SMAN 2 Pandeglang,Ajang bergengsi paduan suara ini diselenggarakan dalam  rangka menyambut HUT TNI ke 72 tahun dalam bentuk Komsos Kreatif, dan dikuti peserta yang sudah juara tingkat Korem dari Jawa Barat dan Banten.

Tim  Gita Suara Samakta,  besutan Luthi Thalutya atau yang populer ibu Tia Guru Mata Pelajaran Seni dan Budaya ini,  membawakan tiga buah lagu, yaitu Manuk Dadali, Pantang Mundur dan Indonesia Pusaka yang di dirigen atau Konduktor Nurul Ilma Aulia dari kelas III IPA.5, bersaing dengan tim peserta dari berbagai daerah diwilayah Kodam III/Siliwangi diantaranya SMA Kartika XIX Kota Bandung, SMKN Kedawung, Kabupaten Cirebon, SMA Budi Mulia, Kota Bogor, SMA Negeri 1, Bale Endah Kabupaten Bandung, SMAN 1, Subang, SMA Kesatuan, Bogor dan SMAN 2, Ciamis.

Sebelum bertanding ditingkat Kodam, tim ini telah melalui beberapa tingkat perlombaan sejak ditingkat Kodim masing-masing wilayah hingga ke tingkat Korem 064/MY di Kota Serang dan berhasil meraih juara sehingga layak tampil ditingkat Kodam III/Siliwangi.

Persiapan berlatih yang hanya beberapa hari sejak diumumkan pemenang di Korem 064/MY tak  menyurutkan semangat untuk tampil optimal. Meski tampil memukau namun nasib baik belum berpihak pada SMAN 2 Pandeglang, bahkan para juri yang dinakhodai oleh Rochewandi, sebagai ketua, Iik Setiawan, dan Edi Mulyana,  masing-masing sebagai anggota, sempat agak kerepotan untuk menilai karena semua peserta tampil sangat memukau dan kreatif

“Sebagai pengajar seni diperguruan tinggi, saya cukup terkejut dengan tingkat kreatifitas semua peserta, sehingga agak sulit untuk menentukan pemenangnya, namun disetiap perlombaan ternyata harus ada yang kalah dan menang,” Ujar Rochewandi, kepada BantenTribun di lokasi lomba.

“Ini sangat luar biasa dan membanggakan. Sekaligus kami mengapresiasi keinginan pihak TNI untuk menjai fasilitator kreatifitas para generasi dibidang seni,” sambung Rochewandi- juri ketua- saat memberi sambutan pengumuman.

Dirigen Sempat Pingsan

Perjalanan yang cukup jauh dari Makorem 064/MY di Kota Serang yang memakan waktu 5 jam sejak pukul 20.00 WIB hingga tiba di Bandung pukul 01.00 dan tidur hanya beberpa jam dibarak prajurit,rupanya berpengaruh terhadap ketahan fisik para peserta, tak terkecuali Nurul Ilma Aulia, siswa kelas III IPA.5 sebagai dirigen yang sempat pingsan selepas memimpin tiga buah lagu, terlebih Ilma diketahui dalam kondisi sakit sejak keberangkatan.

“Saya kurang sehat, kena campak sejak dirumah dan badan agak panas tinggi, tapi gak ada yang bisa menggantikan, makanya saya paksa untuk tetap tampil disini ketimbang tim batal berangkat,” ujar Ilma sesaat setelah siuman, kepada BantenTribun.

Dalam ajang lomba Komunikasi Sosial Kreatif yang diselenggarakan TNI ini, keluar sebagai juara 1 SMKN Kedawung Cirebon yang mewakili Korem 063/SGJ dengan nilai 1065, juara 2 SMAN 1 Bale Endah mewakili Korem 062/TN dengan nilai 1020 dan juara 3 SMKN Rangkas Bitung, Lebak mewakili Korem 064/MY dengan nilai 1014

Selain meraih meraih juara 3 dibidang Paduan suara, Korem 064 MY juga meraih juara 2 lomba tari kreasi yang diraih SMAN 1 Kramatwatu, Serang dan lomba fotografi yang diraih Irwan dengan nilai 1145 dari Kodim 0602/Serang, setelah bersaing dengan dua fotografer lain, yaitu Iqbal wakil Korem 062/TN sebagai juara 1 dengan nilai 1180  dan Wahadi mewakili Korem 063/SGJ dengan nilai 1115. (Nur.HL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.