Nikmatnya Jadi ASN Kota Tangsel, Dari Beasiswa Kini Bakal Dimudahkan Dapat Fasilitas Rumah

Setelah mendapat kemudahan soal beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, kini pemkot tangsel tengah membahas pembangunan fasiltias rumah.

fasilitas rumah
Wakil Walikota Tangsel Saat membahas pembangunan fasilitas rumah bagi ASN Pemkot Tangsel. foto: laman tersmi kota tangsel.

BantenTribun.id- Nasib ASN itu sebenarnya variatif di setiap daerah, soal gaji mungkin sama, tergantung golongan dan masa kerja, tapi soal tunjangan lain cerita, tergantung kemampuan fiskal dan pendapatan daerahnya.

Selain soal gaji dan tunjangan, ASN akan betah bekerja jika didukung oleh sistem kerja dan karir yang jelas, bukan subyektifitas pimpinan.

Subyektifitias ini kerap membuat organisasi tidak berjalan maksimal karena banyak pejabat yang dipilih tidak punya kapabilitas dan kompetensi di bidang kerjanya.

Pemkot Tangerang – seperti di beritakan Bantrib sebelumnya -telah membahas hal itu dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) tentang sistem merit ASN, agar ASN berada di posisi yang tepat.

Selain itu ASN kota tangerang Selatan juga mendapat kemudahan untuk melanjutkan pendidikan dengan beasiswa ke universitas ternama, seperti Universitas Indonesia dan Universitas Padjajaran.

Tidak sampai disitu, Pemkot rupanya tengah memikirkan soal fasilitas rumah yang layak sebagai sebuah hunian bagi ASN.

Fasilitas Rumah ASN

Setelah mendapat kemudahan dengan beasiswa bagi ASN yang ingin melanjutkan pendidikan, kini pemkot setempat mulai melakukan sosialisasi untuk rencana perumahan pegawai yang bekerjasama dengan BTN

“Sosialisasi ini merupakan upaya pemkot dalam membuat hunian yang nyaman bagai ASN Tangsel,” Ungkap Benyamin Davnie, Wakil Walikota Tangsel, di laman resmi Pemkot Tangsel.

Lebih lanjut Benyamin mengatakan, soal fasilitas rumah bagi ASN, Pemkot memang sedang fokus ke situ, “makanya kami beberapa kali mengundang developer untuk bekerjasama sama membangun fasilitas rumah atau hunian yang layak bagi ASN,” katanya.

Menurut Benyamin, pembangunan fasilitas rumah bagi ASN dimaksudkan untuk melakukan efisiensi terhadap pengeluaran mereka, terutama adanya pandemi yang belum diketahui kapan akan berakhir.

Benyamin mengakui, saat ini pemkot tangsel belum memastikan dimana lokasi fasilitas rumah ASN itu dibangun nantinya. Jika memang dirasa sulit dibangun di wilayah kota tangsel, bisa jadi di bangun di luar daerah.

“Tapi jangan khawatir, meski nantinya fasilitas rumah ASN dibangun di luar kota tangsel, kita punya 24 bis yang bisa antar jemput ASN yang bekerja di pemkot,” ujarnya.

Sementara Kepala BPKAD Warman Syainudin menjelaskan bahwa bahwa sesuai dengan apa yang sering dibahas dalam rapat. Bahwa beberapa OPD mengusulkan Pemkot Tangsel untuk membangun fasilitas rumah bagi ASN.

”Karena itu, kami bertemu dengan pihak BTN untuk mencari tahu seperti apa pemenuhan solusinya,” ujar Warman.

Dia menambahkan bahwa bisa jadi, pembangunan perumahan pemda ini masih jauh. Namun akan lebih baik dipersiapkan secara matang sehingga pada saat pembangunannya. Fasilitas dalam rumah bisa didesain lebih baik.

Dengan adanya rapat ini, Warman juga menjelaskan bahwa, setiap peserta rapat bisa memberikan usulan demi memenuhi hak tempat tinggal pegawai di Tangsel. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.