Nggak Perlu Keluar Banyak Uang, Yuk Asah Skill Berikut Saat Dirumah

skill

BantenTribun.id,- Pandemi Covid-19 membuat banyak orang memilih tinggal di rumah. Sebagian tetap produktif dengan tetap bekerja di rumah, tapi sebagian lain mungkin merasa gabut karena telah melakukan banyak hal namun Covid-19 belum juga berlalu.

Meski pemerintah sudah mewacanakan new normal life dan hidup ‘berdamai’ dengan Covid, hal itu tidak memberi jaminan penularan virus bakal terhenti. Beraktivitas dirumah tetap menjadi pilihan terbaik.

Nah, biar lebih bermanfaat, selain bekerja kamu juga bisa belajar sesuatu saat tinggal dirumah biar skill makin moncer atau protofolio makin bergengsi

Beberapa skill ini bisa jadi pertimbangan untuk dipelajari, terlebih nggak ngeluarin banyak duit kayak yang ‘kemarin-kemarin.’

Asah Skill Baca Qur’an

Bagi seorang muslim, portofolio ini sangat berguna untuk hidup, seseorang yang bacaan qur’annya bagus biasanya disenangi calon mertua. Namun yang paling penting, kamu akan dapat pahala yang kelak berguna di kehidupan akhirat.

Meningkatkan skill baca Qur’an juga bakal berguna kita kamu menikah dan memiliki anak. Istri dan anak-anakmu kelak bisa kamu didik dengan pedoman ilahi.

Saat ini sudah banyak metode baca qur’an yang bisa dipelajari, atau jika tidak ingin ribet, Youtube bisa jadi pilihan.

Banyak pahala bisa kamu ambil, baik saat mendengarkan, membaca, atau ketika kamu mendengar materi yang disampaikan.

Menulis

Saat ini di internet sudah banyak yang menyediakan kelas menulis, baik yang berbayar atau tidak. Kamu bisa memilih jenis tulisan apa yang ingin kamu pelajari. Bahkan beberapa juga menawarkan kelas menulis melalui Whatsapp Grup.

Copywriting, menulis essay, ebook dan buku atau menulis konten untuk web media online bisa kamu pertimbangkan untuk dipelajari.

Jika kamu mahir dan mumpuni banyak web atau media online yang mau membayar keahlianmu dalam menulis, tentu dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Atau Jika kamu merasa tulisanmu layak dibuat e-book dan e-bookmu itu kamu anggap bakal bermanfaat untuk orang lain, ini juga bisa kamu jual dan menambah penghasilan.

Ngoding

Skill ngoding bisa dianggap tuntutan bagi banyak kaum milenial, beragam aplikasi baik berbasis web maupun android membutuhkan keahlian ngoding.

Buat kamu yang bercita-cita menjadi web developer atau fullstack developer ngoding menjadi menu wajib yang harus kamu kuasai.

Saat ini juga banyak web yang secara gratis ngajarin kamu tentang ngoding dengan berbagai kode pemrograman, belum lagi di youtube, saat ini sudah banyak tutorial youtube yang bakal ngebimbing kamu ngoding, tergantung jenis pemrograman apa yang kamu ingin kuasai.

Asah Skill Public Speaking

Saat ini public speaking menjadi skill yang ingin dikuasai banyak orang, tertuama generasi milenial. Podcast adalah alasannya.

Podcast merupakan media baru yang banyak disenangi generasi milenial, kamu tinggal ngobrol dengan teman nongkrong, menyampaikan hal-hal berguna lalu kamu share di sosial media dan youtube atau di platform seperti spotify dan anchor.

Jika kamu mau tekun bergelut dengan podcast, bukan tak mungkin ini juga bisa jadi sumber penghasilanmu yang baru.

Skill Bertanam ala Urban Farming

Bagi kaum urban, bertani di perkotaan atau urban farming menjadi solusi baru dikala pandemi. Memanfaatkan ruang terbatats, dihalaman yang minim atau di atap rumah, kamu bisa menanam tanaman untuk memenuhi kebutuhan harian.

Tanaman sayuran atau rempah bisa jadi pilihan, karena berguna untuk hidup, baik untuk melengkapi makanan pokok atau untuk menjaga kesehatan.

Dengan melatih skill bertanam, kamu bisa melepas tekanan dari kegabutan pandemi Covid-19, selain itu kamu bisa menghasilkan pendapatan tambahan bila hasil panenmu memuaskan.

Produk Do It Your Self

Masih ingat Dalgona Cofee? minuman ‘do it your self’ itu menjadi viral dan menjadi tren saat pandemi.

Kamu juga bisa melakukan hal yang sama, dengan mencari inovasi-inovasi baru dalam memasak, baking atau pastry.

Atau buat kamu yang pengen jadi barista, mengolah minuman kreasi sendiri juga baik untuk mengasah kemampuan.

Terus kamu upload di kanal youtube yang kamu punya, jika diminati banyak orang, dan viral, sudah pasti viewer dan subscriber kamu bakal makin nambah, dan itu bakal berpengaruh pada pendapatan youtubemu jika sudah di monetisasi. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.