Muslim Michigan, Punya Cara Baru Rayakan Lebaran

cara baru rayakan lebaran
foto: ilustrasi perayaan lebaran, sumber: thedailybeast

BantenTribun.id- Bagaimanapun di seluruh dunia, khususnya bagi kaum muslim, perayaan Lebaran akan benar-benar berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya.

Hal tersebut juga berlaku bagi para diaspora, termasuk warga Indonesia yang berada di Michigan Amerika Serikat.

“Tahun ini perayaan Lebaran bagi muslim di Michigan akan sangat berbeda,” ungkap Mahmoud Al Hadidi, seorang dokter yang juga Ketua Komunitas Muslim Michigan pada Al Jazeera.

Menurut Al Hadidi, perayaan lebaran kali ini bakal digelar tanpa shalat Ied berjamaah di masjid, tak ada sarapan bareng warga muslim dan carnaval ramadhan, bahkan kumpulan keluarga pun dibatasi.

“biasanya kami merayakan lebaran dengan pesta yang meriah, dan menghadirkan 400 hingga lima ratus orang,” ungkap Al Hadidi.

Hal sama juga diungkap oleh Lama Samman Nasry, “disetiap perayaan lebaran, biasanya kami pergi ke masjid untuk berdoa dan sarapan, dan saat malam tiba kami pergi untuk makan malam, intinya lebih banyak diluar rumah saat lebarn,” ungkapnya.

Tapi sekarang sangat berbeda, “ini benar-benar perayaan yang sepi,” ungkap Saman Nasry.

Cara Baru

Meski berada dalam pembatasan sosial, guna mencegah penyebaran virus Corona, ternyata warga muslim Michigan tidak menyerah pada keadaan.

Mereka telah menemukan cara baru, untuk merayakan Lebaran tahun ini.

Ribuan orang diharapkan dapat mendengarkan khutbah Idul Fitri di rumah masing-masing lewat siaran langsung melalui televisi lokal dan sosial media.

Kemudian mobil akan berbaris di luar beberapa masjid untuk menikmati live music dan anak-anak akan mendapat hadiah.

Al Hadidi mengaku, bila cara inovatif itu tetap mempertimbangkan pembatasan sosial dan jarak fisik, dan ia mengaku cara itu adalah bukti bila muslim Michigan tak akan menyerah pada keadaan.

“Kami bertekad untuk merayakan dan bahagia, kami akan beradaptasi dengan kondisi ini (pandemi virus Corona,” pungkas Al Hadidi.(red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.