Moms, Ini Kunci Sukses Mengelola Keuangan Rumah Tangga Biar Tambah Disayang Suami

kunci sukses mengelola keuangan rumah tangga

Kunci Sukses Mengelola keuangan rumah tangga ada pada kerjasama antara suami dan istri, kolaborasi dan saling percaya akan membawa kebaikan dalam mengarungi bahtera, dan paling utama adalah tetap mendekat kepada-Nya

BantenTribun.id- Dimasa pandemi Covid-19 seperti sekarang, mengatur keuangan menjadi bagian penting dalam keberlanjutan keluarga.

Hal itu harus dilakukan mengingat kebutuhan rumah tangga terus bertambah sementara penghasilan belum tentu meningkat.

Ada beberapa pos baru yang mungkin sebelumnya tidak pernah diprioritaskan oleh keluarga, misalnya pembelian masker dan hanitizer, namun saat ini keduanya menjadi wajib ada.

Biaya internet, tagihan listrik dan konsumsi keluarga juga meningkat karena menjadi konsekuensi dari kebijakan belajar di rumah dan kerja di rumah.

Sementara, saat ini banyak perusahaan yang terpaksa memberhentikan karyawan atau setidaknya dirumahkan. Bagi yang berbisnis fakta menunjukan banyak sektor bisnis saat ini berada diantara hidup dan mati.

Lalu apa yang harus moms lakukan agar keuangan keluarga tetap terjaga ditengah kondisi sekarang.

Kunci sukses megelola keuangan ini bisa menjadi langkah awal untuk moms dan suami menjaga ekonomi keluarga sekaligus tetap membuat keluarga terus harmonis.

Open Mind

Berpikiran terbuka, menerima saran dan masukan dari pasangan menjadi kunci sukses mengelola keuangan yang pertama. Moms dan suami juga harus menentukan siapa yang menjadi manajer keuangan.

Selai itu, hal yang penting juga buat moms dan suami adalah tentang menentukan tujuan mengelola keuangan keluarga.

Moms dan pasangan tentu ingin meraih banyak hal dalam berkeluarga, seperti bisa beribadah umrah dan haji untuk keluarga yang muslim, membeli properti, tanah atau kebun untuk investasi, membeli emas, berhasil membiayai anak hingga lulus perguruan tinggi dan berbagai tujuan keluarga lainnya, sesuai kesepakatan bersama.

Jika manajer, tujuan dan keterbukaan sudah ditetapkan, setidaknya ini menjadi langkah awal untuk pengelolaan keuangan yagn lebih baik.

Kunci sukses mengelola keuangan, Tentukan Prioritas

Moms kepandaian dalam menentukan prioritas mana yang wajib, butuh dan ingin akan membuat ekonomi keluarga menjadi lebih teratur.

Dalam titik ini, banyak keluarga yang sulit berpegang pada komitmen yang disepakati, apalagi bila melirik tetangga sebelah atau depan rumah membeli sesuatu. Jadi deh pengen.

Moms sebisa mungkin harus menahan diri dari godaan mata dan hati, tetap fokus pada prioritas yang telah ditetapkan sebelumnya.

Catat dan Review

Jangan malas mencatat, kebocoran keuanga keluarga, akan terlihat dari rajinnya moms mencatat keuangan.

Pengeluaran-pengeluaran kecil yang tidak tercatat malah bisa menjadi faktor utama kebocoran keuangan keluarga.

Jika memiliki data pencatatan yang lengkap, moms dan suami akan mudah mereview dan membahas dimana titik-titik kebocoran keuangan, siapa yang harus lebih berhemat, lalu berpikir untuk mencari income tambahan.

Intip Peluang Income Tambahan  

Sudah bukan saatnya lagi gengsi dan malu, saat berumaha tangga, moms dan saumi harus mencari income tambahan demi perahu keluarga tetap berlayar menghadapi gelombang.

Saat ini banyak potensi bisnis yang bisa dikelola dirumah, bisnis online, jadi freelancer, menulis ebook, youtuber tergantung mana yang membuat moms nyaman.

Minta juga suami untuk melakukan hal yang sama, mencari income tambahan selepas kerja rutin, basanya kolab sinergi moms dan suami akan menjadi jurus ampuh untuk mendapat income tambahan.

Tetap Mendekat Kepada Allah

Segala urusan dunia akan menjadi sia-sia tanpa landasan kedekatan kepada Allah SWT, mengingat rizki berada ditangan-Nya.

Bagi yang musim membiasakan sedekah meski dimasa sulit adalah keberkahan yang nyata, selain itu rajin-rajin lah istighfar memohon ampun dan istiqomah shalat dhuha.

Karena ini adalah dimensi lain dari kunci sukses mengelola keuangan dimana keberkahan adalah harapanya.

Semoga dengan begitu, keluarga menjadi makin berkah meski ditengah pandemi, dan moms makin disayang suami. amiin. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.