Moms, Ini Cara Ngajarin Anak Melek Keuangan Sejak Dini

melek keuangan

Ngajarin anak biar melek keuangan sejak dini baiknya moms lakukan biar mereka pandai mengelola duit di masa depan.

BantenTribun.id- Mengelola keuangan bukanlah hal mudah, apalagi saat budget yang keluar lebih besar dibanding yang masuk, alias besar pasak dari tiang.

Perlu skill ahli untuk mengelola keuangan, apalagi saat keinginan menggebu untuk membeli sesuati nyaris mengalahkan akal dan logika.

Moms, kita semua sadar, anak-anak kita pasti akan tumbuh dewasa, berumah tangga, punya anak dan sebagainya, ia pun akan mengalami hal yang sama dengna kita kini.

Mereka juga akan mengelola keuangan keluarga, menentukan prioritas dan memerlukan rasa sabar.

Biar mereka nggak kaget nantinya, Sejak saat ini ada baiknya kita ajarin anak-anak kita mengelola keuangan dengan benar, namun tidak mengekang.

Berikut beberapa point penting tentang cara ngajarin anak agar melek keuangan sejak dini.

Jangan Menabung di Celengan

Di Jaman Old, menabung di celengan dengan berbagai bentuk dan penampakannya, jadi salahsatu cara orang tua mengajarkan anak-anaknya untuk hidup hemat.

Namun dijaman serba canggih saat ini, nampaknya buat moms jaman now dan anak-anaknya kurang relevan lagi.

Ada baiknya moms membuatkan rekening untuk anak, atau sistem investasi agar diambil sesuai target, bukan asal ambil dari ATM.

Melek Keuangan, Terapkan Penghargaan

Mengelola uang perlu kedisiplinan, dan perlu reward untuk membuat disiplin tetep konsisten.

Moms tentu sadar diusia anak-anak, apalagi banyak iklan sana-sini juga pengaruh teman, membuat anak kita mudah tergoda untuk memiliki sesuatu, mainan misalnya.

Nah, dalam hal ini baiknya moms tetapkan reward, misalkan ia akan mendapat mainan yang diinginkan bila nilai belajarnya bagus, atau nilai tabungannya sudah mencapai nilai sekian rupaih

Ingatkan Soal Harga Yang Akan Naik Di Masa Depan

Tentu agak ribet kalo nasihati anak soal uang, soal menghemat uang dan sebagainya. Namun tak ada salahnya moms sampaikan soal harga-harga yang akan naik di masa depan, sementara penghasilan orang tua belum naik.

Hal ini penting untuk mengajarkan anak melek keuangan dan mau investasi.

Anak juga akan berpikir tentang mencari uang bukanlah hal yang mudah dan mau mengeluarkan uang sesuai kebutuhan bukan keinginan.

Jauhi Hutang

Bukan hal mudah mengajarkan yang satu ini, anak melek keuangan berarti menyadarkan mereka soal bahaya hutang jika hanya digunakan untuk hal konsumtif.

Memang ada saatnya dimana beberapa orang tua terpaksa menghutang karena keadaan dan itu di lihat oleh anak-anak.

Namun mengajarkan mereka soal pentingya menjauhi hutang adalah penting, agar dimasa depan menjadikan anak-anak kita tidak menjadikan hutang sebagai prioritas utama dalam pikirannya. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.