Mengenal Program RIF, Komponen NSLIC/NSELRED yang Pilih Pandeglang Pada Tahap Ketiga

program RIF NSLIC/NSELRED
Salahstau aktivitas pada program RIF NSLIC/NSELRED tahap pertama. Foto: NSLIC

Pandeglang, BantenTribun.id- Kabupaten Pandeglang mendapat kesempatan emas saat menjadi salahsatu kabupaten yang mendapat program Responsive Innovation Fund (RIF) tahap tiga.

RIF merupakan program dana kemitraan antara Pemerintah Canada melalu Global Affair Canada dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional PPN/Bappenas).

RIF atau Dana Invoasi Responsif adalah komponen dari proyek National Support for Local Investment Climates/National Support for Enhancing Local and Regional Economic Development NSLIC/NSELRED).

Program tersebut bersifat hibah untuk membantu Pemerintah Daerah atau institusi lokal untuk mengembangkan usaha secara inovatid, baik penciptaan proses produksi yang lebih efisie, inovasi dalam bidang pelayanan, penggunaan teknologi untuk menjawab kendala jarak dan aksesibilitas, serta berbagi sumberdaya dengan cara terbaru.

Secara spesifik – seperti ditulis dilaman resminya, RIF bertujuan untuk meningkatkan kesempatan kerja dan pendapatan bagi laki-laki dan perempuan miskin di Indonesia melalui peningkatan iklim investasi dan mendukung pengembangan usaha.

Tak sebatas itu, program ini juga diharapkan memberi jawaban terhadap hambatan-hambatan dunia usaha, membantu promosi, integrasi pengembangan ekonomi lokal serta peningkatan layanan dan akses usaha.

Untuk meningkatkan impresi dan kesuksesan dalam pencapaian tujuan, program yang jalankan oleh CowaterSogema dan dimulai sejak 2017 itu telah melakukan kemitraan dengan berbagai instansi di Indonesia.

Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Komisi Pemberantasan Korupsi menjadi mitra program RIF dan NSLSIC/NSELRED).

Tak hanya di tingkat pusat, Perangkat Daerah di Kabupten, Asoisasi Usaha, UMKM dan Koperasi serta Perguruan Tinggi dan Swasta juga digaet dalam program ini.

Beberapa daerah yang telah diinisiasi oleh program ini diantaranya Kabupaten Tabanan Bali, Wakatobi, Bau Bau, Kota Gorontalo serta beberapa Kabupaten Kota lainnya.

Dipilihnya pandeglang khususnya Kecamatan Jiput dan Labuan diharapkan memberi dampak pada perekonomian pandeglang.

Bupati Pandeglang Irna Narulita menyatakan bila Pandeglang sangat layak untuk mendapat program RIF, mengingat potensi pertanian dan kelautan yang luar biasa. “ini kesempatan kita untuk mengembangkan ekonomi lokal,”ungkapnya.

Keterlibatan masyarakat dan integritas aparatur tentu menjadi salahsatu kunci sukses sebuah program. Bupati juga berkata kesempatan ini sangat langka, mengingat tidak semua Kabupaten terpilih.

Dilansir dari laman NSLIC, program tersebut akan berakhir pada tahun 2021. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.