Mendaftar SNMPTN 2018, Ada 6 hal Yang Perlu Diperhatikan

SNMPTN-2018@kliksangatta
SNMPTN-2018@kliksangatta

Ada 6 hal yang perlu diperhatikan saat mendaftar SNMPTN 2018, agar tidak terjadi kesalahan dan bisa berakibat kerugian bagi siswa dan sekolah.

BantenTribun.id– Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 mulai diselenggarakan 21 Februari – 6 Maret 2018. Pendaftaran  dilakukan melalui website resmi snmptn. Sebelum mendaftar,  tidak ada salahnya calon pendaftar memperhatikan daya tampung kampus yang diincarnya agar bisa mengatur strategi untuk bisa  kuliah di universitas impian.

Ada 6 hal yang perlu diperhatikan saat mendaftar SNMPTN 2018:

1.SNMPTN dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/SMK/MA atau sederajat dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta portofolio akademik.

2.Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.

  1. Memiliki prestasi unggul yaitu calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut: akreditasi A, 50% terbaik di sekolahnya;akreditasi B, 30% terbaik di sekolahnya;akreditasi C, 10% terbaik di sekolahnya;belum terakreditasi, 5% terbaik di sekolahnya.
  2. Nilai rapor siswa selama duduk di sekolah menengah atas atau kejuruan, nilai ujian nasional, dan hasil verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Jika satu dari tiga elemen tersebut tidak dipenuhi, kemungkinan siswa untuk lulus SNMPTN cukup kecil.
  1. Siswa pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan, menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN 2018 http://www.web.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.

Siswa Pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada).

Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.

Siswa Pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id. Siswa Pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.