Menaker Ungkap Alasan Subsidi Gaji Belum Masuk Rekening Penerima

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengungkap ada beberapa faktor subsidi gaji belum masuk rekening penerima.

Menurutnya jika ada penerima yang hingga tahap ini belum menerima subsidi itu, segera berkomunikasi dengan pemberi kerja.

subsidi gaji belum masuk rekening
subsidi gaji belum masuk rekening. foto Pixabay

BantenTribun.id- Pemerintah memberikan subsidi gaji pada pekerja yang terdampak Covid 19. Berdasarkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) Nomor 14 Tahun 2020, subsidi gaji diberikan pada mereka yang mempunya gaji di bawah Rp 5 juta, dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Calon penerima subsidi gaji adalah mereka yang berstatus Warga Negara Indonesia yang memiliki Kartu Tanda Penduduk, terdaftar di program jaminan sosial BPJS, serta pekerja penerima upah dan memiliki rekening bank aktif.

Menaker Ida Fauziyah  mengatakan penyaluran subsidi gaji/upah oleh pemerintah, dari tahap I-V mencapai 87,35 persen. Artinya ada 10.180.341 dari 11.6 juta pekerja yang sudah menerima subsidi itu.

“Penyaluran subsidi gaji ini sudah berjalan dengan baik, namun masih ada beberapa catatan kendala yang masih jadi pekerjaan rumah.” Ungkap Ida dalam laporan tertulis di laman resmi kementerian yang dipimpinnya.

Ida mengaku masih ada sekitar 1.4 juta pekerja terdampak Covid 19 yang belum menerima bantuan atau subsidi gaji belum masuk rekening.

“Ada beberapa faktor mengapa subsidi gaji tersebut belum masuk rekening hingga sekarang diantaranya: adanya duplikasi rekening, rekening sudah tutup, pasif, tidak valid atau sudah dibekukan. Kendala lainnya rekening tidak sesuai NIK dan tidak terdaftar.” Jelas Ida.

Ida meminta bagi pekerja yang berhak menerima subsidi gaji namun belum masuk rekning segera berkomunikasi dengan pemberi kerja.

“Bila subsidi gaji belum masuk rekning, sebaiknya segera hubungi pihak pemberi kerja. komunikasikan tentang data rekening para pekerja supaya tidak ada kesalahan dalam pelaporan rekening bank ke BPJS Ketenagakerjaan.” Imbuhnya.

Sementara bagi pekerja yang subsidi gaji/upahnya sudah masuk rekening dan diterima. Ia menyaranankan agar digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok pada UMKM dalam negeri.

“Subsidi gaji/upah adalah upaya pemerintah mendukung pemulihan ekonomi akibat Covid 19, jadi gunakan subsidi itu untuk memenuhi kebutuhan pokok. Jangan lupa beli produkny pada UMKM.” Pungkas Ida. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.