Menakar Efektivitas Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Pada Siswa SD

 

 

Oleh:  Elma Rahmah Tunnisah

(Mahasiswi Adminitrasi Publik/FISIP/Universitas Sultan Ageng Tirtaya) 

Pendidikan, menurut Ki Hajar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia merupakan tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak. Pendidikan,  menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi – tingginya (dalam Marbun, 2018: 10).

Delapan bulan sudah virus COVID-19 berkembang di Indonesia. Pertama kali virus ini dideteksi pada bulan Maret 2020 menurut data dari PHEOC Kemkes RI per 16 Oktober 2020 sudah 353.461 kasus terkonfirmasi positif COVID-19.

Dan delapan bulan juga para siswa dan siswi melakukan pendidikan sekolah dari rumah.

Dari awal kemunculan COVID-19 di Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Surat Edaran yang diterbitkan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

Point kedua dalam surat edaran tersebut tertera bahwa proses belajar dari rumah dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. a) Belajar dari rumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan;
  2. b) Belajar dari rumah dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai pandemi Covid-19;
  3. c) Aktivitas dan tugas pembelajaran belajar dari rumah dapat bervariasi antar siswa, sesuai minat dan kondisi masing-masing, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses/fasilitas belajar di rumah;
  4. d) Bukti atau produk aktivitas belajar dari rumah diberi umpan balik yang bersifat kualitatif dan berguna dari guru, tanpa diharuskan memberi skor/nilai kuantitatif.

Maka kegiatan pembelajaran yang seharusnya dilaksanakan di sekolah mereka masing-masing, kini kegiatan pembelajaran dilaksanakan dalam proses pendidikan jarak jauh (PJJ) dari rumah.

Mereka mendapatkan tugas sekolah dari guru setiap harinya dan sesekali mereka melakukan pembelajaran dengan menggunakan Google Meet

sebagai pengganti proses tatap muka antar siswa dengan guru.

Para siswa dan siswi tetap dapat mengikuti pembelajaran disekolah dan selalu dikontrol oleh pihak sekolah dalam melaksanakan kegiatan pendidikan jarak jauh (PJJ). Hal ini dilakukan pada setiap jenjang sekolah baik SD sampai SMA.

Seperti salah satu Sekolah Dasar (SD) Negeri di Kota Tangerang yaitu SD Negeri Peninggilan 7 yang melaksanakan program PJJ.

Dalam hal ini penulis melakukan pengukuran efektivitas program PJJ pada siswa kelas IV, V dan VI dengan menggunakan teori Tangkilisan (2007: 314), yang meliputi: a) Pencapaian target; b) Kemampuan adaptasi; c) Kepuasan kerja; d) Tanggung jawab.

Hasil pengukuran mengenai tingkat efektivitas program PJJ di SD Negeri Peninggilan 7 mencapai angka 53% atau cukup efektif dalam program PJJ. Sebagian besar siswa menjawab bahwa Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) sangat efektif dilakukan dalam masa pandemic COVID-19.

Para siswa dan siswi melakukan kegiatan PJJ sehari-hari, seperti absen kehadiran melalui foto yang dikirim ke guru, mendapatkan tugas dari guru di sekolah, bertanya ke guru melalui aplikasi whatsapps.

 Tetapi terdapat hambatan bagi para siswa dan siswi dalam melaksanakan kegiatan pendidikan Jarak Jauh (PJJ), seperti Handphone yang dipakai para siswa dan siswi merupakan HP bersama dengan kakak atau orang tua, Quota internet yang kurang atau tidak mendapat bantuan quota internet dari pemerintah, hingga sering terjadi miss communication antara guru dan siswa dalam melakukan kegiatan PJJ.

Maka dari itu, diharapkan program pendidikan jarak jauh (PJJ) berjalan sangat efektif terhadap para siswa dan siswi yang sedang menempuh sekolah baik tingkat SD, SMP, SMA. Sehingga pendidikan pada masa COVID-19 tetap berjalan sebagaimana mestinya. **

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.