Media India, Puji Gelaran Asian Games

Asian Games
Asian Games, foto BBC

Asian Games 2018 Jakarta-Palembang sukses dari sisi acara dan prestasi, pujian pun datang dari berbagai pihak, termasuk media kenamaan India, The Tribune.

BanenTribun.id- Media India  The Tirbune memuji gelaran Asian Games yang digelar di Indonesia. Media kenamaan India itu, mengungkap bila Indonesia sukses menggelar Asian Games. Padahal memiliki banyak keterbatasan, baik dari sisi persiapan, waktu dan anggaran.

Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah setelah Vietnam mengundurkan diri tiga tahun lalu setelah negara itu mengalami krisis anggaran.

Hebatnya dalam waktu tiga tahun itu  – menurut The Tribune – Indonesia ternyata sanggup menyajikan gelaran Asian Games yang spektakuler.

Keterbatasan waktu dan aggaran ternyata juga tak menjadi masalah besar. INASGOC selaku penyelenggara Asian Games mampu mengatasinya dengan baik.

Selain soal kemampuan mengatasi keterbatasan, Indonesia dinilai cakap dalam memilih venue-venue olahraga.

Dipilihnya Palembang sebagai venue beberapa cabang olahraga, merupakan sejarah, sebab kota di Pulau Sumatera itu untuk pertama kalinya menggelar even besar Asian Games, dan hasilnya sukses besar.

Selanjutnya The Tribune juga memuji acara pembukaan dan penutupan Asian Games yang spektakuler.

Bagi media India itu, acara pembukaan Asian Games paling spektakuler, skarena menampilkan ciri khas Indonesia dan disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. “perpaduan antara tarian, lagu dan kembang api menjadi hal yang menakjubkan.” Ungkap The Tirbune. Belum lagi soal aksi naik motor dan goyang dayung Jokowi yang kemudian viral di media sosial.

Media India itu juga sejatinya tak kalah memuji gelaran penutupan Asian Games. Stadion Gelora Bung Karno menjadi saksi kegembiraan sekitar 11,000 atlet dari 45 negara yang bertarung meraih prestasi dalam waktu 15 hari.

Terlebih dalam penutupan itu, dipentaskan juga beberapa lagu dari negeri hindustan, seperti lagu ‘Koi Mil Gaya’ dan ‘Kuch-Kuch Hoa Hai’ selain tentunya penampilan puncak dari Boyband Korea Super Junior dan artis-artis terkenal Indonesia.

Terakhir Media India juga menyoroti perjuangan 13,000 sukarelawan yang bekerja tanpa lelah. Mereka pun mendapat tepuk tangan paling meriah dari seluruh atlet dan oficial berbagia negara.

Indonesia bisa dikatakan sukses dalam menggelar even akbar Asian Games baik dari sisi acara maupun prestasi atletnya, karena mampu bertengger di nomor 4 klasemen akhir perolehan medali.

Keberhasilan yang juga berujung dari kepercayaan berbagai negara yang meminta negeri ini untuk menggelar Olimpiade 2032. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.