Masih Pengen Kerja, Berikut Profesi Masa Depan Yang Bisa Kamu Kejar

Penguasaan teknologi dan informatika adalah profesi masa depan yang bisa kamu kejar, oleh karena itu, kamu harus menyiapkan diri sejak sekarang bila memilih jalan untuk bekerja.

profesi masa depan

BantenTribun.id- Masa depan adalah teknologi, begitulah kira-kira, karena transformasi digital efek pandemi menuntut perusahaan melakukan itu untuk menghemat beberapa faktor produksi.

Buat kamu yang tetap memilih bekerja, bukan menjadi pengusaha atau enterpreneur, ada baiknya kamu mempersiapkan sejak dini, sejak masih sekolah dan kuliah, sehingga setelah lulus nanti, benar-benar siap bersaing dan bekerja dibidang yang kamu sukai.

Pekerjaan di masa depan, menuntut kecakapan di bidang teknologi dan informasi, tanpa itu, bisa dikatakan kamu bakal sulit bersaing, apalagi jika punya target bekerja di perusahaan-perusahaan besar dan bergengsi.

Berikut beberapa pekerjaan masa depan yang bisa kamu kejar;

Analis Sistem Komputer

Pekerjaan satu ini menuntut kamu untuk mampu menganalisis kebutuhan perangkat lunak atau software, perangkat keras dan sistem informasi yang dibutuhkan dan sesuai dengan kondisi perusahaan.

Kepandaian kamu dalam melakukan analisa, serta rekomendasi hardware, software dan sistem informasi yang akan digunakan, plus rekomendasi perbaikan sistem serta evaluasinya sangat menentukan kualitas dan kapasitas kamu di bidang itu.

Profesi Masa Depan, Data Scientist

Bagi perusahaan besar, Data Scientist sangat dibutuhkan untuk mengetahui, targeting, dan posisitioning perusahaan. Bagi perusahaan yang punya produk, Data Scientist juga diperlukan untuk menentukan segmentasi pasar, product life Circle dan inovasi-inovasi baru, hingga iklan yang full target dan unik.

Intinya data scientist akan memberikan rekomendasi bagi eksekutif untuk memutuskan segala sesuatu terkait nasib perusahaan berdasarkan data dan analisa yang ilmiah.

Database Administrator

Bisa dikatakan seorang Data Scientist tak bisa bekerja maksimal tanpa ada seorang Database Administrator yang handal, yang isa menyimpan data penting perusahaan dengan rapi dan terstruktur.

Seorang Database Administrator harus bisa melakukan itu, menyimpan, mengelola dan membuat data perusahaan terlihat rapi dan terstruktur sehingga mudah dijadikan bahan analisa dan pengambilan keputusan eksekutif.

Software Developer

Sebagai sebuah perusahaan yang menerapkan sistem kerja yang baik, Developer Software akan bekerja dan terkait dengan bidang lain, baik analis sistem informasi, Database Administrator, Data Scientist hingga Analis kemanaan informasi dan arsitek jaringan komputer.

Sebagai sebuah profesi masa depan, Developer Software akan bekerja berdasarkan kebutuhan perusahaan yang direkomendasikan oleh seorang analis komputer, karena tugas developer software adalah merancang, dan membangun software yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Web Developer

Berbeda dengan Software Developer, seorang Web Developer, fokus pada pengembangan website dan sosial media perusahaan, lebih ke arah marketing dan building image company.

Website perusahaan yang baik, dan sosial media yang informatif dan komunikatif akan membuat citra perusahaan menjadi semakin baik di mata klien, atau mitra.

Hal itu akan meningkatkan kepercayaan mereka bila ingin menggunakan jasa atau produk yang berasal dari tempat kita bekerja.

Analis Keamanan Informasi

Software, Website, Sosial Media dan Jaringan Internet dan Komputer saat ini sangat rentan di bajak, atau di hack oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Analis Keamanan Informasi adalah profesi masa depan dan kekinian, yang bisa kamu pilih.

Selain masih jarang, pekerja di bidang ini biasanya di bayar tinggi, namun resiko pekerjaan juga berat, karena harus waspada setiap waktu.

Isu keamanan informasi saat ini makin mengemuka, seiring dengan transformasi digitial perusahaan yang diarahkan oleh pemerintah.

Kejadian pembajakan seperti yang terjadi pada market place besar nasional, harus bisa dihindari bila kamu memilih profesi ini.

Arsitek Jaringan  Komputer

Profesi masa depan satu ini bukan sekedar, mendesain jaringan komputer berbasis LAN di kantor, narik kabel sana-sini, tapi lebih dari itu.

Profesi ini menuntut perhitungan memadai, tentang kebutuhan bandwith internet, arsitektur server serta jaringan yang aman baik dengan maupun nir kabel.

Arsitek jaringan komputer juga harus mampu mejamin kemudahan akses software dan website serta menjaga agar server sebagai pusat data aman dari serangan hacker yang tidak bertanggungjawab. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.