Manfaat Daun Pakis Untuk Kesehatan, Penambah Nikmatnya Lontong Sayur Khas Padang

Nikmatnya lontong sayur khas padang, salahsatunya dipicu oleh daun pakis, daun yang jarang ditemukan pada makanan daerah lain, manfaat daun pakis juga ternyata sangat banyak dan berguna untuk kesehatan tubuh.

manfaat daun pakis

BantenTribun.id- Sarapan pagi dengan lontong khas padang, aduhai nikmatnya, bumbu gulai plus daun pakis, menambah rasa gurih dan lezat.

Di banyak tempat, orang sangat menyukai lontong khas padang, karena kekhasan gulainya, belum lagi beras sebagai bahan lontongnya.

Dibeberapa tempat yang menjaga kualitas, beras bahkan di suplay langsung dari padang, menurut mereka varietas yang pas untuk lontong padang itu ya cuma yang ditanam di tempat mereka, Sumater Barat.

Satu lagi pelengkap lontong sayur khas padang adalah daun pakis, daun itu menjadi penambah kenikmatan. Dibeberapa daerah seperti di Jakarta dan Jawa Barat, lontong yang dimasak, tanpa campuran sayuran ini.

Selain nikmat, daun pakis (Cycas revoluta) ternyata memiliki banyak manfaat, sebagai berikut:

Manfaat Daun Pakis Untuk Kekebalan Tubuh

Seperti ditulis laman healthy focus, daun pakis ternyata kaya akan nutris, rendah lemak dan karbohidrat. Daun pakis memiliki kandungan diantaranya: vitamin A terutama pada pucuk daun muda, Potasium, Vitamin C, Zat Besi, Mangan, Niasin dan Omega-3.

Kandungan vitamin c, pada pakis ternyata bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh. seperti diketahui, vitamin c adalah sumber anti oksidan yang baik untuk menjaga tubuh tetap fit sepanjang hari.

Mencegah Gula Darah

Manfaat daun pakis berikutnya adalah berguna untuk mencegah gula darah, karena kandungan nutrisinya yang rendah karbohidrat.

Selain itu kandungan mangan dalam daun pakis juga berguna untuk mengatur fungsi kelenjar tiroid yang berdampak pada terjaganya kadar gula darah dalam tubuh.

Mencegah Penyakit Jantung

Mengkonsumsi daun pakis ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Manfaat daun pakis terhadap jantung karena daun tersebut memiliki kandungan kalium yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Mengurangi Rambut Rontok

Manfaaat daun pakis untuk menguarangi rambut rontok karena dalam daun tersebut mengandung Omega-3.

Omega-3 adalah asam lemak tak januh atau asam lemak esensial yang berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit termasuk mengurangi kerontokan rambut.

Mencegah Osteoporosis

Kandungan mangan dalam daun pakis punya manfaat untuk mencegah osteroporosis atau pengeroposan tulang.

mangan merupakan mineral yang berguna untuk membentuk enzim dalam proses pertumbuhan tulang.

Membuat Mata Tetap Sehat

Manfaat daun pakis berikutnya adalah berguna untuk mejaga mata tetap sehat, sehingga siapapun bisa mengkonsumsi daun ini dengan jumlah yang cukup.

Daun pakis mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, termasuk mencegah timbulnya degenenasi makula, atau penyakit penglihatan seiring dengan bertambahnya usia seseorang. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.