Malas Masak Daging Kambing Kurban Karena Bau Prengus, Begini Cara Menghilangkannya

Banyak yang mendapat jatah daging kurban, tapi malas untuk masak daging kambing kurban, alasannya karena bau prengus kambing cukup mengganggu.

masak daging kambing kurban

BantenTribun.id- Idul Adha identik dengan daging kurban, selain sapi dan kerbau, kambing menjadi favorit para pekurban, selain harganya lebih murah, kurban kambing atau domba juga hanya diperuntukan untuk satu orang, jadi tidak perlu iuran 7 orang.

Hanya saja, tidak semua orang mau mengolah atau masak daging kambing kurban, salah satu alasannya adalah bau prengus yang mengganggu.

Berdasar pantauan BantenTribun, banyak penerima daging kurban berupa daging kambing, di berikan ke yang lain, teman atau tetangga karena istri dirumah malas memasaknya.

Hal itu sangat disayangkan, mengingat kandungan gizi daging kambing bila dimasak dan dikonsumsi dengan benar banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Lalu bagaimana cara menghilangkan bau prengus daging Kambing biar bisa dikonsumsi dengan enak.

Proses Penyembelihan

Banyak yang menganggap proses penyembelihan kambing kurban punya dampak pada bau prengus daging kambing yang mengganggu hidung.

Oleh karena itu perlu tata cara penyembelihan kambing yang sesuai syari’at dan tidak menyiksa kambing kurban yang disembelih.

Selain itu alat pemotong atau pisau harus bersih dan tajam, sehingga tidak menyiksa hewan. Penyembelih dan tim juga harus berhati-hati saat merobohkan kambing kurban, jaga agar tidak stress.

Selanjutnya baca do’a sesuai syari’i dan memastikan hewan disembelih dengan cepat, dengan memastikan bagian tenggorokan, kerongkongan dan dua urat leher terpotong.

Terakhir pastikan tidak boleh mematahkan leher sebelum hewan benar-benar mati.

Kemudian meski belum ada bukti ilmiah, pengalaman empirik beberapa jagal atau penyembelih menyatakan bila keluar-masuk nafas hewan yang disembelih harus menjadi perhatian.

Proses Masak Daging Kambing Kurban

Salahsatu cara untuk menghilangkan bau prengus kambing sebelum masak daging kambing kurban adalah dengan merebusnya bersama campuran rempah, seperti jahe, sereh, cengkeh hingga kayu manis.

Stefu Santoso, presiden asosiasi chef kuliner profesional mengatakan, campuran rempah pada rebusan daging kambing mampu mengurangi aroma prengus daging kambing.

“Bau daging kambing biasanya berasal pakan yang dimakan kambing saat hidup, aromanya (bau prengus) memang kuat, makanya perlu direbus dengan rempah untuk mengurangi bau prengus itu.” ujar Stefu pada Sari Agri.

Setelah direbus dengan campuran rempah tadi, menurut stefu daging kambing kurban tadi sebaiknya dimasak dengan masakan yagn sifatnya “wet cooking” seperti masak daging kurban dengan cara di buat gulai, tongseng, tengkleng atau soto.

Masak daging kambing kurban dengan wet cooking apalagi dicampur dengan rempah, akan berguna untuk mengurangi bau prengus itu. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.