Lagi, Garuda Muda tak Pantas Juara Tiga

Piala AFF U 18, Garuda Nusantara
@egymaulanvikri

Pandeglang, BantenTribun.id- Garuda muda aka Garuda Nusantara, berhasil meraih juara tiga di ajang Piala AFF U-18 setelah menaklukan tuan rumah Myanmar dengan skor telak 7-1 di stadion Thuwuna, Yangoon, Minggu (17/9).

Tujuh gol Timnas masing-masing diciptakan oleh Rafli di menit ke-13 dan 59, Witan Sulaiman (27′), Egi Maulana (34′ dan 85′) serta Hanis Saghara di menit ke-73 dan 90+3.

Melihat sepak terjang anak asuh Indra Sjafri di Piala AFF kali ini, sejatinya mereka tak pantas meraih juara tiga. Permainan impresif dan produktivitas gol yang tinggi membuat Egi MV cs layak berada di final. Sayangnya, harapan itu musnah pasca ditumbangkan Thailand lewat adu penalti di babak semifinal.

Sebuah kegagalan yang sama, bila kita sandingkan dengan Timnas U-22 yang berlaga di Sea Games Malaysian. Permainan Impresif anak asuh Luis Milla harus berakhir di babak semifinal setelah tumbang dari tuan rumah Malaysia lewat gol tunggal Thanabalan. Indonesia akhirnya meraih perunggu setelah menumbangkan Myanmar di perebutan juara tiga.

Keggalan yang sama, tapi tak mengapa, itulah sepakbola. Perbedaannya ada dalam selisih gol di setiap pertandingan. Sehebat apapun bermain, bila tak mampu menyarangkan gol-sementara lawan yang mencetak gol, maka kemenangan tak berpihak pada kita.

Namun lebih dari itu, dua tim muda garuda (U-18 dan U-22), setidaknya memberi harapan baru pada pecinta bola nusantara, bahwa Indonesia mulai bangkit pasca di banned FIFA.

Regulasi Gojek Traveloka Liga 1, nampaknya memberi sumbangsih pada munculnya anak-anak muda baru yang brilian dalam bermain bola. Belum lagi racikan pelatih bertangan dingin macam Indra Sjafri dan Luis Milla nampaknya berhasil membentuk tim yang baik.

Garuda Muda dan Garuda Nusantara, nampaknya harus terus memupuk mental juara agar di ajang berikutnya tampil berbeda dan meraih prestasi yang membuat jutaan rakyat pecinta bola lebih bangga. (ajat s)

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.