Korea Selatan “Galau” Jumlah Wisatawan Indonesia Ke Negara Itu Anjlok Parah

Pemerintah Korea Selatan Galau, karena jumlah kunjungan wisatawan Indonesia yang datang ke negara tersebut anjlok parah, hal itu ditengarai adanya pembatasan kunjungan ke luar negeri akibat Covid-19

wisatawan indonesia

BantenTribun.id- Pemerintah Korea Selatan, melalu Badan Pariwisatanya mengkonfirmasi jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke negara itu anjlok parah.

Dikutip dari Koreatimes, jumlah wisatawan Indonesia yang datang ke Korea Selatan tahun ini diperkirakan sebesar 44 ribu orang, anjlok 68,3 persen dibanding tahun lalu.

Korea Selatan memang memberi perhatian khusus terhadap kunjungan wisatawan dari Indonesia, hal itu mengingat potensi jumlah penduduk Indonesia yang tinggi, belum lagi demam korean wave yang melanda negara tersebut.

Dalam sebuah momen Desember tahun lalu, Menteri Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea Selatan, Park Yang-Woo bersama Korean Tourism Organization (KTO), pernah mengadakan acara istimewa yang digelar di Terminal I Bandara Incheon.

Saat itu Park Yang-Woo memberikan sambutan pada enam orang anggota keluarga dari Indonesia sebagai wisatawan ke-17,250. Sambutan pun dibarengi dengan pemberian kalungan bunga, dan do’a agar tahun berikutnya (2020) kunjungan lebih meningkat lagi.

Seperti ditulis visitkorea, tahun lalu kunjungan wisman dari Indonesia ke Korea, ditaksir mencapai 17.5 juta orang. Angka tersebut merupakan yang tertinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Data KTO menunjukan, tahun 2016, jumlah wisatawan Indonesia yang ‘plesir’ ke Korea Selatan mencapai 17.24 juta, 2017 sebanyak 13.34 juta orang dan tahun 2018 mencapai 15.35 juta orang.

Namun sayang, kunjungan tahun ini anjlok, hal itu tak lain disebabkan adanya pandemi Covid-19.

KTO pun mengamini kondisi tersebut, dan menjelaskan secara spesifik anjloknya kunjungan wisatawan Indonesia itu akibat adanya kebijakan pembatasan kunjungan ke luar negeri karena pandemi Covid-19.

Alasan Wisatawan Indonesia Datang Ke Korea

Sukses Korea Selatan dengan “Hallyu” melalu Drama Korea (Drakor) K-Pop dan Film, membuat banyak orang Indonesia penasaran dengan negara tersebut.

Selain K-Pop dan Drakor, ada banyak alasan lain yang mendorong orang Indonesia datang ke negeri ginseng.

Korea Selatan banyak menawarkan wisata sejarah dan budaya. Di Seoul misalnya, di Ibu Kota negara banyak situs bersejarah seperti istana Gyeongbokgung, sebuah tempat yang menajdi rumah raja di jaman dinasti Joseon.

Selain Geyongbokgung Palace, Seoul juga menawarkan bangunan bersejarah lainnya seperti War Memorial Korea. Sebuah situs yang dibangun untuk mengenang Perang Korea yang menyedihkan.

Selain budaya dan sejarah, Orang Indonesia juga tertarik dengan kehidupan malam kota Seoul yang dinamis dan futuristik. Ada banyak toko perbelanjaan di kota itu, belum lagi kafe-kafe yang couzy atau tempat karaoke yang asik.

Alasan lain apa lagi jika bukan berburu kosmetik dan skincare, atau jika punya modal lebih, di negara tersebut tersedia banyak permak kecantikan dengan operasi plastiknya yang fenomenal. (dinda)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.