Kontribusi Dinas Pertanian Untuk Pandeglang, dari Upsus Pajale hingga Ekspor Manggis

pembangunan pertanian
Kadis Pertanian (Kiri) dengan BUpati Pandeglang, dan Pejabat Pandeglang lainnya saat melakukan panen raya Padi
  • Pembangunan pertanian di Kabupaten Pandeglang banyak mendapat perhatian mengingat sektor ini merupakan sektor utama yang tertuang dalam visi dan misi Kepala Daerah.
  • Berbagai capaian telah diraih, dari produksi pangan hingga ekspor komoditas hortikultura Manggis

BantenTribun.id- Sektor pertanian merupakan sektor strategis dalam pengembangan pembangunan di Kabupaten Pandeglang. Indikator utamanya terletak pada visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang, dimana sektor pertanian (baca: Agrobisnis) menjada satu dari tiga core pembangunan yang ditetapkan Kabupaten Pandeglang.

Sadar dengan hal itu, Kepala Dinas Pertanian hampir dalam berbagai kesempatan selalu menyatakan bahwa visi instansi yang dipimpinnya sejalan dengan kebijakan Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang, sejalan dengan Pemerintah Provinsi Banten dan tentunya sejalan dengan kebijakan Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian Pertanian.

Salahsatu kebijakan yang disepakati sebagai kebijakan strategis dalam sektor pertanian adalah Upaya Khusus Peningkatan Produksi Padi, Jagung dan Kedelai, atau yang dikenal dengan program UPSUS Pajale.

Upsus Pajale merupakan salahsatu kebijakan dan program pemerintah disektor pertanian yagn fokus pada peningkatan produksi komoditas strategis dalam hal ini Padi, Jagung dan Kedelai melalui pengerahan semua sumberdaya pertanian yang ada yang dikelola secara efektif dan berkesinambungan.

Optimalisasi sumberdaya tersebut meliputi pengelolaand dan penyediaan alat mesin pertanian, penyediaan dan pengembangan benih, pupuk, dan lain sebagainya.

Berkat program tersebut – seperti yang disampaikan Bupati Pandeglang dalam pidato Hari Jadi Kabupaten Pandegalng ke-145, selama kurun 2016-2018, Kabupaten Pandeglang telah sukses menghasilkan 2 juta ton lebih padi, 100 ribu ton lebih komodias Jagung dan 22 ribu ton Kedelai. Prestasi tersebut tentu berkat kerjasama apik antara unsur Dinas Pertanian, mulai dari Kepala Dinas hingga penyuluh di lapangan, dukungan Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang serta pihak provinsi dan Kementerian Pertanian.

Upsus Pajale di Pandeglang, ternyata juga tak sekedar sukses dalam menghasilkan produksi, tapi dari sektor benih, Dinas Pertanian diam-diam sukses menghasilkan benih dan menjadi pemasok benih Kedelai untuk wilayah Banten dan Lampung. Acara simbolis pengiriman benih dilakukan tepat di Hari Pangan Sedunia tahun lalu.

View this post on Instagram

Sebanyak 93,396 ton manggis dari Kecamatan Bojong yakni dari Desa Mekarsari Kelompok Tani Mekar Rahayu 2 sebanyak 27,771 ton dan Desa Bojong Kelompok Tani Barokah 65,625 siap dieksport ke China. Hal ini terungkap saat Dirjen Hortikultura Dr. Suwandi melepas ekspor produk hortikultura manggis Pandeglang, Rabu (23/1) di Desa Bojong di Kampung Awi Tali. Selain untuk ekspor, Kelompok Tani (Poktan) dari beberapa Kecamatan penghasil manggis lainnya juga memasok untuk pasar regional sebanyak 714, 576 ton yang akan dikirim ke Jakarta, Bogor Tangerang. Kelompok Tani yang memasok adalah Kelompok Tani Ciranggon Jaya Desa Kondang Jaya Kecamatan Cisata sebesar 110,220 ton, Kelokpok Tani Jiwa Nusantara Desa Sindang Hayu Kecamatan Saketi sebesar 96, 430 ton, Kelompok Tani Cipandan Jaya Desa Sindang Laut Kecamatan Carita sebesar 36, 033 ton, dan Kelompok Tani Mulya Tani Desa Jaya Mekar Kecamatan Cirebon sebesar 48, 480 ton. Walaupun dengan peralatan sederhana, Irna bangga kepada para perani manggis yang ada di beberapa Kecamatan yaitu Bojong, Cisata, Picung, Jiput, dan Saketi dapat terus bersemangat untuk menghasilkan manggis kualitas ekspor," Mungkin nanti bisa dipikirkan dengan pakaging nya, dan teknologi mesin untuk paska panen , "ujar Irna. Sementara Direktorat Jendral (Dirjen) Hortikultura Kementerian Pertanian Dr Suwandi mengatakan, pada tahun ini ekspor manggis dari Indonesia ke luar Negeri sangat besar. Kata dia, tahun lalu hanya 9 ribu ton, sedangkan tahun ini mencapai 35 ribu ton, " Ini lompatan luar biasa, selisihnya cukup besar sekali salah satunya dari Pandeglang, kita kirim ke China Thailand, dan Hongkong, " ujarnya. "Saya minta diperbanyak tanaman, jangan sampai ada lahan tidur. Terus tingkatkan produktifitasnya, "harapnya Suwandi juga berharap, kedepan akan ada pendampingan bagi para petani manggis agar hasil lebih bagus," Pendampingan akan dilakukan terus oleh dinas terkait, hasil yang saat ini sudah cukup bagus terus ditingkatkan, "tutupnya. Hadir dalam acara ini Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten M Agus Tauchid, Dandim 0601 Pandeglang Letkol Inf Denny Juwan, Kepala Dinas Pertanian Pandeglang Budi Januardi. (copas)

A post shared by PERTANIAN PANDEGLANG (@pertanian_pdg) on

Ekspor Manggis ke Cina

Di awal tahun 2019, Dinas Pertanian kembali membuat terobosan baru, kali ini dari sub sektor hortikultura. 93 ton Manggis Pandeglang siap didaratkan di Cina, dan 714 ton Manggis juga siap dipasok untuk kebutuhan konsumsi lokal khususnya Jakarta.

Irna Narulita selaku Bupati Pandegalng mengapresiasi kinerja sektor pertanian dan Dinas Pertanian yang kini dipimpin oleh H. Budi Suherdiman Januardi, S.Pt.,MM itu.

“Saya mengapresiasi ekspor manggis ini. Kualtas ekspor ini haru bagus, jangan sampai ada yang cacat, karena akan menurunkan harga dan kualtas manggis, ungkap Irna.

kadis pertanian
Kadis Pertanian. Foto IG Pertanian Pandeglang

Terus Berbenah

Tak hanya fokus pada peningkatan produksi pangan (Padi, Jagung dan Kedelai) serta Manggis, Dinas Pertanian Pandeglang juga terus berupaya melakukan pembenahan, yang bermuara pada meningkatnya nilai tambah sektor pertanian.

Sub sektor peternakan juga terus digenjot untuk meningkatkan populasi ternak melalui Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) dan dari sub sektor Perkebunan juga fokus pada pengembangan perkebunan rakyat.

Dukungan melalui peningkatan sumberdaya penyuluhan, serta sarana prasarana baik irigasi, dan alat mesin pertanian juga terus menjadi perhatian. (adv / dinas pertanian)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.