Kerajinan Triplek dari Kaki Gunung Pulosari

 

Yatno, memperlihatkan hasil kerajinan tripleknya yang baru setengah jadi, di dapur produksinya (foto-hamami/BantenTribun)

Potongan triplek bagi sebagian orang mungkin hanya sebatas limbah yang tidak bernilai guna. Ditangan Yatno, pria di kaki Gunung Pulosari,  limbah itu disulap menjadi kerajinan unik bernilai estetika yang cocok menjadi penghias ruangan rumah atau perkantoran.

Pandeglang, BantenTribun.id– Bagi Yatno (61), tripleks tidak melulu digunakan untuk bahan furniture. Ia bisa menyulapnya menjadi kerajinan unik berbagai hewan ; Burung, Garuda, Ayam, Kupu-kupu, Naga dan lainnya.

Yatno,  tinggal di kaki Gunung Pulosari, Kampung Gunung Santri Desa Pasir Eurih Kecamatan Cipeucang  Kabupaten Pandeglang. Sejak bujangan, bapak yang satu ini ternyata sudah menggeluti  kerajinan tangan dari triplek.

“Sejak bujangan sampai sekarang saya membuat kerajinan tangan dari triplek ini. Sempat terhenti karena beralih ke pembuatan lemari dan perkakas dapur. Tapi melihat  banyak sisa- sisa triplek yang tidak terpakai, muncul lagi keinginan untuk membuat kerajinan berbentuk hewan.  sampai sekarang saya tetap membuat kerajinan ini,” kata Yatno , kepada Banten Tribun, Kamis, 11 Juni 2020.

Berbagai jenis binatang kerajinannya banyak tergantung di teras rumahnya.

Dengan bermodalkan alat sederhana, gergaji triplek, bapak yang satu ini  mampu  membuat 30 jenis hewan  kerajinan tangan dari triplek ukuran 3 milimeter.

“Harganya Rp40-50 ribu untuk yang ukuran kecil. Ukuran besar saya jual Rp100 – 150 ribu, tergantung tingkat kesulitan,”terangnya.

Menurutnya, karena keterbatasan modal, ia kini hanya memproduksi jika ada pesanan. Dalam sehari, Yatno mampu membuat 10 buah untuk ukuran kecil.

Yoyoh, salah satu pemesan asal Kampung Salawi  Palanyar, mengaku senang dengan kerajinan  triplek buatan Yano.

“Saya sangat senang sekali bisa langsung pesan disini sambil lihat proses produksinya. Saya pesan kaligrafi 2 buah, harganya Rp100 ribu per buah,” terang yoyoh, dijumpai didapur produksi Yatno.* (Hamami/red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.