Kenapa Roti Gandum Disebut Roti Paling Sehat Saat Ini?

Roti gandum dianggap menjadi penganan yang lebih sehat dibanding roti putih atau roti yang berasal dari terigu. Hanya saja kita harus lebih hati-hati memilih dan rajin membaca kandungan dalam kemasan.

roti gandum

BantenTribun.id- Meski bukan makanan pokok rakyat Indonesia. Namun sebagian warga ‘enamdua’ menjadikan roti sebagai pilihan kedua ketika malas makan nasi.

Roti, Beras dan Mie. Jika kita teliti kerap menjadi pilihan belanjaan yang dimasukan keranjang oleh ibu-ibu saat belanja di swalayan atau mini market.

Terkait roti, kita sering melihat roti dengan permukaan putih lembut dengan berbagai varian tersaji di toko atau pusat perbelanjaan.

Namun kita juga mengenal varian baru, roti dengan permukaan sedikit kasar, berwarna kecoklatan dan kadang berisi taburan kacang atau wijen. Kita mengenalnya sebagai roti gandum.

Roti satu ini dianggap lebih sehat dibanding roti kebanyakan. Banyak alasan yang melatari hal tersebut.

Dilansir dari The Asian Parent Singapura, Roti gandung dianggap sebagai roti yang sehat karena memiliki kandungan serat yang tinggi.

Permukaannya yang lebih kasar merupakan tanda bila penganan itu mengandung serat.

Serat sangat baik untuk kesehatan pencernaan, memperbaiki kinerja usus melalui detoks alamiah.

Selain punya kandungan serat lebih tinggi. Roti gandum juga dianggap memiliki kandungan glikemik lebih rendah dibanding roti putih yang terbuat dari tepung terigu.

Kandungan glikemik yang rendah berpengaruh pada rendahnya kadar gula, dan itu akan membuat kita terhindar dari diabetes melitus.

Lalu Bagaimana  Cara Memilih Roti Gandum Yang Baik

Jangan terjebak dengan warna. Saat ini banyak roti yang punya warna, baik hijau maupun coklat.

Roti berwarna coklat tidak berarti sepenuhnya mengandung gandum, bisa jadi ada campuran bahan lain.

Oleh karenanya sangat penting bagi kita untuk membaca informasi dalam kemasan, termasuk kandungan gandum dalam roti.

Pilihlah produk roti gandum dengan kandungan 100 persen gandum utuh. Saat ini banyak produk dengan jumlah kandungan seperti itu di pasaran.

Roti dengan kandungan full gandum merupakan pertanda bila penganan itu rendah lemak dan bebas kolesterol.

Jadi jika anda tengah menghindari karbohidrat karena anda menganggap hal itu berpengaruh buruk pada kesehatan. Pilihlah roti gandum setidaknya anda akan menikmati makanan favorit anda dengan lebih tenang. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.