Kematian Ke-19 Akibat Corona Terkonfirmasi, AS Dongkrak Produksi dan Distribusi Alat Tes

corona virus in USA
Ilustrasi Foto. Source: detik

BantenTribun.id- AS mengonfirmasi kematian ke-19 akibat virus corona, para pejabat tinggi pemerintahan Trump mengatakan mereka meningkatkan produksi dan distribusi perangkat tes.

Jumlah infeksi di AS naik menjadi hampir 400 pada Sabtu (7/3). Jumlah kasus penularan tersebar di sekitar separuh negara bagian AS. Pennsylvania, Indiana, Minnesota dan Nebraska mengonfirmasi kasus pertama mereka, sedangkan dua kematian dilaporkan di Florida.

baca juga : halaqah ibu-ibu diaspora

Menteri Kesehatan Alex Azar dan Komisioner Badan Pangan dan Obat-obatan (FDA) Stephen Hahn memberikan keterangan kepada wartawan di Gedung Putih pada Sabtu (7/3). Mereka menolak kritikan dari sejumlah pakar kesehatan yang menyebutkan bahwa Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) telah membuang waktu berharga karena tidak menyediakan perangkat tes lebih cepat, dibandingkan negara lain seperti Korea Selatan dan Jerman.

Hahn mengatakan AS telah mengetes 5.861 spesimen hingga kini, dan 48 negara bagian kini sudah bisa memverifikasi tes yang dilakukan di laboratorium umum. Sedangkan Maine dan West Virginia masih dalam proses untuk bisa melakukan tes secara mandiri.

Hahn mengatakan 1,1 juta perangkat tes virus corona kini telah dikirim ke laboratorium kesehatan swasta, dan 4 juta lagi akan dikirim pada akhir pekan, dengan fokus pada wilayah AS yang paling terkena dampaknya, seperti negara bagian Washington dan California di Pantai Barat. (red/voa)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.