Juara OSN diraih Sekolah Swasta, Kadisdikbud Pandeglang Sentil Guru Sekolah Negeri

Peringatan Hardiknas di Kantor Disdikbud Pandeglang,Rabu,2/5,( foto-aldo-BantenTribun)
Peringatan Hardiknas di Kantor Disdikbud Pandeglang,Rabu,2/5,( foto-aldo-BantenTribun)

Juara Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Provinsi Banten diraih dari sekolah swasta, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pandeglang menyentil guru pengajar bidang study sekolah negeri. Pengajar sekolah plat merah alias sekolah negeri diminta introspeksi.

Pandeglang, BantenTribun.id – Saat ini kesejahteraan bagi tenaga pengajar terus ditingkatkan pemerintah, khususnya bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN). Sejalan dengan itu, Kadisdikbud berharap mutu pendidikan di Pandeglang terus ditingkatkan.

“sertifikasi guru akan cair Januari, Februari, hingga Maret.  Sekarang SPM -nya tinggal saya tandatangani, dan termasuk tunjangan non PNS,” kata Olis Solihin,Kadisdikbud Pandeglang.

Namun, kata Olis, ada yang disayangkan dari apa yang terjadi, pasalnya  peraih juara Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Provinsi Banten adalah dari sekolah swasta.

“Juara OSN Matematik dan Ipa- nya dari swasta, ini berarti output guru pengajar negeri berarti masih kalah sama swasta.  Harus introspeksi diri,” kata Olis, dalam acara peringatan Hardiknas di Dinas Pendidikan, Rabu (02/05/2018).

Menurutnya, puncak peringatan Hardiknas 2018, menjadi  momen untuk mengevaluasi kinerja Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang. Hal ini dikatakan Kadis Pendidikan Olis Solihin saat resepsi peringatan Hardiknas 2018 di

Sementara Bupati Irna Narulita mengatakan, pendidikan adalah masa depan, mencetak generasi baru atau milenial. Perubahan sangat cepat, jika pendidiknya tidak punya disiplin tinggi untuk jadi teladan tidak mungkin bisa mencetak generasi yang membanggakan.

“Pendidikan merupakan masa depan untuk mencetak generasi milineal, jika tingkat kedisiplinan rendah maka kita akan sangat tertinggal, karena perubahan sangatlah cepat,”kata Irna.

Menurut Irna, pendidikan ini adalah proses pembentukan karakter. Jadi anak -anak ini bagaikan benih yang harus ditanam ditanah yang subur.

“kita harus perhatikan anak kita yang harus kita bina, berikan kenyamanan , dan kegiatan belajar mengajar yang baik,” ungkapnya.

Lebih lanjut Irna menyampaikan, para guru harus siap dengan perubahan yang terjadi untuk kemajuan pendidikan. Saat ini, tantangannya lebih besar dibanding tahun lalu.

“Guru harus memiliki karakter moral,  kerja keras, ulet, kreatif, dan tidak mudah menyerah. Hal ini akan ditanamkan kepada peserta didik,” lanjutnya.

Usai acara pembukaan diagendakan penyerahan piagam penghargaan bagi guru berprestasi, juara lomba O2SN SD, dan Juara pertama OSN tingkat Prov Banten yang akan mewakili ke tingkat Nasional.(Aldo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.