Jawa Barat Gudangnya Orang Kreatif

Industri kreatif menjadi salahsatu industri yang terus tumbuh dan mulai signifikan dalam membantu perekonomian negara, dan soal kreatif orang Jawa Barat ternyata juaranya

BantenTribun.id- Industri kreatif menjadi salahsatu industri favorit khususnya bagi kaum milenial. Tak hanya itu, kreatifitas kaum milenial itu ternyata memiliki dampak positif bagi perekonomian negara sekaligus memberi gaya hidup baru dalam mencipta. Soal kreatifitas, Jawa Barat rupanya menjadi provinsi paling menonjol atau paling kreatif.

Bicara kreaifitas, setidaknya ada beberapa subsektor yang bisa dilihat seperti sektor aplikasi dan game developer, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual (DKV), fashion, film animasi dan video, fotografi, kriya, kuliner musik, penerbitan, periklanan seni pertunjukan, seni rupa dan sebagainya.

Dari berbagai subsektor ekonomi kreatif itu, Jawa Barat menjadi yang terdepan. Total ada 1,5 juta lebih perusahaan di Jawa Barat yang bergerak dalam ekonomi kreatif. Menyusul setelah Jawa Barat adalah Jawa Timur dengan 1,4 juta lebih perusahaan yang bergerak dalam sektor ekonomi kreatif.

Lebih detil, data Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menunjukan bila Jawa Barat merupakan jawara dalam usaha di sub sektor aplikasi dan Game Developer. Tahun 2016, Jawa Barat memiliki 3,036 perusahaan di bidang aplikasi dan Game Developer, 228,848 perusahaan fashion dan bumi parahyangan itu sangat unggul, setidaknya ada 1,086,602 perusahaan kuliner di Jawa Barat dan terus berkembang.

Selain unggul dalam urusan jumlah perusahaan di sektor ekonomi kreatif, Data Statistik Hasil Survey Bekraf yagn berkerjasama dengan Badan Pusat Statistik juga menunjukan, bila PRovinsi yang dipimpin oleh Ridwan Kamil itu menjadi Provinsi dengan sumbangan terbesar dalam urusan ekonomi kreatif.

Tahun 2017 saja, Jawa Barat telah menyumbang 33,56 persen atau sebesar 6.4 miliar dolar untuk ekspor dari bidang Ekonomi Kreatif

Industri Kreatif Terus Tumbuh

Ekonomi kreatif nampaknya menjadi sektor yang patut diperhitungkan dalam memberi kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Sektor itu telah menyumbang 7.38 persen terhadap perekonomian nasional, dengan PDB yang tumbuh signifikan sebesar 4.8 persen.

Melihat potensi sebaik itu, Pemerintah bisa dipastikan akan terus mendorong sektor ekonomi kreatif untuk tumbuh, hanya saja hal lain yang harus diperhatikan adalah keharusan pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Provinsi lain di Indonesia dengan formulasi yang lebih efektif. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.