Jangan Remehkan, Ini Aneka Manfaat Jantung Pisang Untuk Kesehatan Kita

Jangan pernah meremehkan potensi yang ada disekitar kita, salahsatunya jantung pisang. Manfaat jantung pisang ternyata sangat baik untuk kesehatan kita.

manfaat jantung pisang
jantung pisang

BantenTribun.id- Siapa yang menduga, bila jantung pisang benda yang biasanya diasingkan dari buahnya ternyata memiliki aneka manfaat.

Tidak semua orang menyukai olahan jantung pisang, Selain rasanya yang tidak familiar, mengolahnya menjadi makanan juga butuh keterampilan.

Sangat disayangkan, padahal aneka manfaat jantung pisang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Manfaat Jantung Pisang Untuk Pencernaan

Lanny Lingga dalam buku Cerdas Memilih Sayuran, Plus Minus 54 Jenis Sayuran menulis, jantung pisang memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Manfaat jantung pisang akan sangat dirasakan bagi mereka yang menderita hiperglikemia atau kadar gula darah tinggi dan penderita sembelit karena kandungan seratnya yang tinggi tersebut.

Kesehatan Tulang

Jantung pisang juga berguna untuk Pertumbuhan tulang karena mengandung fosfor. Jumlah kandungan fosfor berbeda-beda tergantung jenis pisangnya.

Fosfor merupakan zat kimia yang sangat pentig selain untuk pertumbuhan tulang, kandungan kimia itu juga berguna untk meningkatkan kualitas kesehatan gusi serta email gigi.

Osteoporosis juga bisa diatasi jika kandungan fosfor dalam tubuh memadai.

Mencegah Anemia

Manfaat jantung pisang berikutnya adalah berguna untuk mencegah anemia. Hal itu karena jantung pisang juga mengandung zat besi, meski dalam per 100 gram jantung pisang jumlahnya tidak terlalu banyak.

kandungan zat besi dalam jantung pisang dapat membantu memproduksi sel darah merah sehingga berguna untuk mengatasi anemia atau kurang darah.

Membantu Mengurangi Pendarahan Saat Menstruasi

Banyak kaum wanita yang punya masalah dengan pendarahan berlebih saat menstruasi.

Dikutip dari Himalayan Home Remedies, jantung pisang yang dikonsumsi dengan yoghurt ternyata menjadi cara yang efisien untuk mengatasi pendarahan berlebih saat menstruasi itu.

Efek Negatif

Lanny Lingga dalam bukunya menulis, meski manfaat jantung pisang sangat baik untuk tubuh, namun untuk beberapa orang ternyata bisa berdampak negatif, salah satunya bagi penderita asam urat.

Jantung Pisang ternyata mengandung purint yang tinggi, dan itu kurang baik untuk penderita asam urat.

Selain itu, meski tidak memiliki efek yang berbahaya, mengkonsumsi jantung pisang juga membuat orang lebih sering kentut sehingga akan merasa tidak nyaman.

Kandungan Gizi Jantung Pisang dalam 100 gram

Komponen Giz

Jumlah

1.    Energi 31 kcal
2.    Protein 1,2 g
3.    Lemak 0,3 g
4.    Karbohidrat 7,1 g
5.    Kalsium 3,0 mg
6.    Fosfor 50 mg
7.    Zat Besi 0,1 mg
8.    Vitamin A 170 mg
9.    Vitamin B1 0,05 mg
10. Vitamin C 10 mg
11. Air 90,2 g
12. BDD 25%

Sumber: Direkorat Gizi Departemen Kesehatan

Olahan Dari Jantung Pisang

Salah satu jenis olahan dari jantung pisang yang bisa dinikmati lebih praktis adalah tumis. Tumis jantung pisang yang dicampur dengan petai, dan teri goreng akan teras nikmat sebagai lauk menemani nasi, plus sambal.

Di beberapa daerah jantung pisang juga bisa menjadi bahan untuk diolah menjadi gulai, atau lodeh.

Di Cimahi, Jawa Barat lain lagi, jantung pisang ternyata bisa dibuat menjadi dendeng dan abon. Warga Cimahi menyebutnya dengan Dendeng Jantung Pisang (Denjapi) dan Abon Jantung Pisang (Bonjapi).

Dicimahi kedua olahan itu sudah dimuali sejak lama, rasa juga tidak jauh berbeda dengan dendeng atau abon dari daging sapi. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.