Intip Peran Pengusaha Wanita Dukung Kebangkitan Ekonomi Bangsa

Peran Pengusaha Wanita, khususnya yang tergabung dalam Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) sangat penting untuk kebangkitan ekonomi Indonesia yang tengah terpuruk

pengusaha wanita

BantenTribun.id- Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mengaku peran pengusaha wanita saat ini sangat strategis.

Wamen yang juga puteri dari pengusaha media ternama di Indonesia itu mengaku, para pengusaha wanita khususnya yang tergabung dalam Ikatan Wanita Pengusaha Indoensia (IWAPI) menjadi elemen penting dalam pembangunan dan ekonomi Indonesia

“Sebagai organisasi terbesar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara, IWAPI dapat menjadi lokomotif pendorong perekonomian nasional lewat karya, fasilitasi dan inovasi, namun tetap berada pada koridor keamanan dan keselamatan.” ungkap Angela, dalam sebuah Webinar.

Lebih jauh Angela juga mengatakan bila pemerintah siap mendukung peran serta wanita, terutama mereka yang menjadi entintas UMKM untuk terus produktif.

“Kemenparekraf  memiliki beberapa program yang bisa dimanfaatkan UMKM termasuk pengusaha UMKM wanita, berupa peningkatan kapasiatan pelaku usaha, fasilitasi akses permodalan, pendaftaran usaha, perluasan pasar, kekayaan intelektual dan sebagainya,” terang Angela.

Soal Bantuan Insentif Pemerintah, menurut Angela, itu berupa bantuan karakteristik dalam bentuk dana dan penambahan modal kerja. “Untuk meningkatkan kapasitas usaha pelaku parekraf.” ungkpanya.

Soal fasilitasi perluasan pasar, Angela mengaku Kemenparekraf mempunyai program dengan tagar #BeliKreatifLokal, sebuah program yang bertujuan untuk mentransformasi usaha analog ke digital dan memperluas pangsa pasar UMKM.

Untuk mempermudah akses go digital UMKM, Wamen kelahiran Ottawa, Kanada itu mengaku Kementeriannya siap membantu pelaku usaha untuk mendaftar ke dalam e-katalog  Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah (LKPP).

Kondisi saat ini mengharuskan pelaku UMKM, khususnya pengusaha wanita Indonesia untuk tetap semangat dan tetap produktif tapi tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan hati-hati.

“Saya mengajak seluruh pengusaha wanita Indonesia untuk meningkatkan perannya dalam pembangunan nasional tanpa melupakan peran kita untuk mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas. Saya percaya, wanita Indonesia adalah pengusaha wanita yang kuat, tangguh, dan terus berjuang untuk anak, keluarga, dan bangsanya. Mari kita bersama jaga Indonesia,” pungkas Angela. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.