Ini, Softskill Wajib Bagi Pekerja Jaman Now, Hidupnya Bisa Lebih Baik

softskill wajib
softskill wajib

Kompleksitas masalah dan menuntut penyelesaian pekerjaan yang ekstra cepat. Perubahan cara kerja offline ke online juga perlu jadi perhatian, oleh karena itu, beberapa softskill wajib ini patut anda miliki agar hidup bisa lebih baik

BantenTribun.id- Di era disrupsi saat ini, perubahan cara pandang dan cara kerja sebuah perusahaan atau organisasi terlalu fundamnental bahak radikal, alias tercerabut hingga ke akar-akarnya.

Cara-cara jaman old seperti mengandalkan sistem kerja offline dan manajemen konvensional bisa dipastikan sulit bersaing atau bahkan tergerus oleh perubahan jaman.

Banyak perusahaan-perusahaan bangkrut karena kurang adaptif dengan perubahan.

Kompleksitas masalah menuntut pekerjaan selesai dengan cepat, teknologi dibutuhkan dalam hal ini. Bukan hanya teknologi beberapa hal lain seperti kemampuan mengelola (manajemen), lobi, menulis dan mempengaruhi audiens dengan baik juga dibutuhykan oleh pekerja jaman now.

Oleh karena itu, beberapa softskill ini bisa dianggap wajib untuk generasi di era disrupsi saat ini.

Coding

HTML, PHP, JavaScript dan sejenisnya senantiasa berkembang. Sementara mereka yang memahami dunia coding belumlah melimpah.

Coders (ahli di bidang Coding) akhirnya menjadi komoditas panas dan banyak dicari oleh industri teknologi. Kedepan mungkin akan banyak lagi tipe-tipe program dan coding yang menuntut segalanya tampil lebih mudah.

Bagi perusahaan di bidang informasi dan teknologi, bisa dikatakan coding menjadi softskill wajib yang patut anda pelajari dan kuasai.

Excel

kemampuan mengelola Spread sheet, baik yang disajikan oleh Microsoft Excel atau Google SpreadSheet menjadi salahsatu fortofolio yang banyak diperhatikan industri atau perusahaan.

Banyak yang mengatakan tidak ada spread sheet profesional, tapi seorang profesional wajib menguasai pengelolaan spreadsheet.

Anda ingin menghitung efektivitas kerja, menyajikan informasi efektf lewat grafik, mengecek pengeluaran atau menghitung kinerja dan produktivitas karyawan, spread sheet excel atau google wajib dikuasai.

Web Developer

Softskill wajib ini banyak dibutuhkan industri yang mengadalkan pasar dengan sistem online.

Anda bisa melihat perubahan luar biasa dalam dunia web developer.

Plugin-plugin baru bermunculan, membuat perusahaan atau organisasi anda harus adaptif agar kinerjanya tetap epik.

Banyak Website pemerintah misalnya yang usang ditelan jaman, karena tidak memiliki seorang web developer yang baik. Meski banyak juga yang tetap tampil epik, meski umumnya untuk lembaga kelas nasional.

Bila anda jeli, anda bisa melihat perubahan drastis saat web berbasis desktop beralih menuju web responsive untuk pasar android.

Penggunaan Accelerated Mobile Pages (AMP) misalnya, plugin ini telah membuat perubahan drastis untuk orientasi pasar website.

Menulis

Pekerjaan ini adalah pekerjaan sejuta jaman. Menulis – dengan tulisan manusia – sebuah pekerjaan yang tetap dibutuhkan hingga kapanpun.

Teknologi boleh merampas segalanya, tapi tidak untuk ide, mereka yang memiliki ide, menuangkan dalam tulisan dan berusaha membuatnya menjadi nyata, dipastikan mampu bertahan.

Banyak orang yang mampu bicara dengan baik dan meyakinkan, tapi tidak dalam tulisan.

Menulis laporan berbeda dengan menulis berita. Menulis berita online dengan berita humas juga tak serupa, apalagi anda juga harus menulis review atau bahkan Copywriting.

Menuangkan pikiran dalam tulisan bukan pekerjaan mudah, perlu latihan.

Google Analytic

Dunia online itu seperti dunia liar yang sulit ditebak. Google Analytic setidaknya menjawab tantangan itu.

Dengan analisis real time dan bisa dikatakan akurat, anda bisa menentukan apakah anda akan merubah pasar atau fokus pada pasar tertentu untuk menjual produk.

Menu analisa Demografi di analitiknya google juga mampu melihat siapa saja yang hadir dan memperhatikan produk atau hasil kinerja anda.

Manajemen Proyek

Dimanapun anda bekerja, diindustri swasta atau pemerintahan, dibidang IT atau bidang apapun, saat ini target membuat, mencipta atau meraih sesuatu membutuhkan sebuah tim yang kuat, kompak dan berkinerja baik.

Menjadi manajer handal, menjadi softskill wajib dalam hal ini. Seorang manajer yang tidak hanya pandai menyuruh dan menunjuk, tapi mampu menggerakan tim untuk fokus dan bekerja sesuai deskripsi, bahkan lebih.

Seorang manajer proyek atau kegiatan yang epik adalah mereka yang memahami potensi bawahannya dan menjadikan mereka tampil lebih baik ke depannya.

Public Speaking

Promosi secara langsung tetaplah penting, pun saat menghadapi klien atau anda harus melakukan pernyataan pers di depan publik.

Menjadi seorang publik speaking bukan sekedar bicara baik dengan intonasi tepat, tapi lebih dari itu.

Seorang publik speaking adalah mereka yang mampu mempengaruhi audiens untuk percaya atau setidaknya memandang alasan perusahaan sebagai sesuatu yang logis. (AJI)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.