Ini Jurusan Kuliah Elegan Untuk Masa Depan Yang Penuh Ketidakpastian

jurusan kuliah

Memilih Jurusan Kuliah yang tepat, perlu kamu lakukan sebelum diterima kampus pilihan, orientasi kamu setelah lulus salahsatu pertimbangannya.

BantenTribun.id- Banyak yang bilang saat ini kuliah udah nggak penting karena sering nggak relevan dengan kerjaan. Dimasa depan skill lebih dilirik ketimbang pengetahuan text book penuh teori tapi sulit dipraktekan.

Buat kamu yang tidak setuju dengan ‘statement’ itu dan menganggap kuliah adalah hal yang penting dan berguna saat lulus, ada baiknya kamu peritmbangkan beberapa jurusan kuliah berikut ini.

Teknik Informatika

Di era industri 4.0 jurusan ini layak kamu pertimbangkan, mengingat saat ini banyak hal yang dilakukan secara otomatis melalui internet, machine learning hingga artificial intelegent.

Dunia startup diberbagai sektor juga butuh orang-orang informatika yang ngerti berbagai macam pemrograman seperti Phyton, Java, Kotlin dan sejenisnya.

Dunia teknologi, hiburan, telekomunikasi, perbangkan, keuangan hingga akuntansi butuh orang-orang yang paham bidang ini.

Artinya peluang kamu bekerja setelah lulus lebih besar jika benar-benar punya skill dibidang ini. Atau jika memilih jadi enterpreneur dan start up, jalan pun masih terbuka lebar asal kreatif mencari solusi dari berbagai masalah yang ada.

Jurusan Kuliah Akuntansi, Bisnis dan Matematika

Saat ini data is ‘everything’ bicara tanpa data adalah pepesan kosong, eksekusi perusahaan tanpa data salah-salah bisa bikin rugi besar.

Data baik kualitatif mupun kuantitiftif menjadi kebutuhan di sektor bisnis dan keuangan, apalagi di era bigdata dan komputasi awan seperit sekarang.

Atas dasar itu, nggak ada salahnya jika kamu punya passion dan kemampuan di bidang ini, buat kamu yang tidak begitu jago tapi serius ingin menekuni bidang akuntansi, bisnis dan matematika, kuliah di jurusan ini juga memberik jaminan masa depan yang lebih baik.

Ilmu Kesehatan dan Psikologi

Bidang ini bisa dibilang ‘evergreen’, dibutuhkan selama manusia masih hidup. Saat ini bidang kesehatan dan psikologi juga terus berkembang seiring dengan perubahan manusia itu sendiri.

Pandemi Covid-19 seperti sekarang membuktikan kedua bidang ini sangat dibutuhkan, baik mereka yang sakit karena covid maupun mereka yang jiwanya terganggu karena lockdown sama-sama harus disembuhkan.

Kedepan dijaman yang ketidakpastian, psikologi dan kesehatan akan tetap didepan. Jadi nggak salah jika kamu putuskan untuk memilih jurusan ini.

Jangan Sekedar Kuliah

Belajar dari pengalaman, saat kuliah baiknya nggak hanya sibuk dengan teori dan tugas perkuliahan, apalagi banyakk nongkrong dengan teman-teman.

Kamu butuh skill tambahan untuk tetap bertahan, dan itu dikenal dengan soft skill.

Cara kamu bersikap, optimistis atau sebaliknya, kemampuan bekerjasama, komunikasi dan negosiasi, kemampuan mempengaruhi, public speaking, presentasi, bahasa, menulis dan softskill lainnya bakal kamu perlukan saat bekerja.

Oleh karena itu, jangan sungkan untuk berorganisasi, atau mulai mengerjakan pekerjaan freelance saat kuliah. Yang penting kamu bisa atur waktu. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.