Ini Dia, Negara Tersukses dalam Hal Kesamaan Gender

kesamaan gender

BantenTribun.id- Laporan utama dari Bank Dunia menunjukan bila progres kesetaraan gender atau kesamaan hak antara permepuan dan laki-laki berjalan lambat.

Sejak mulai diberlakukannya penialaian terhadap seberapa efektif negara-negara menjamin kesetaraan gender khususnya dalam bidang hukum dan ekonomi, ternyata hanya ada enam negara yang mendapat skor penuh 100. Negara-negara tersebut adalah Belgia, Denmark, Prancis, Latvia, Luksemburg dan Swedia.

Dari enam negara tersebut, Prancis mendapat banyak pujian karena mengalami lonjakan yang paling besar. Hal itu ditengarai bila negara Zinedine Zidane itu telah mereapkan hukum kekerasan dalam rumah tangga, penetapan hukum pidana bagi pelaku pelecehan seksual di tempat kerja dan memperkenalkan cuti orang tua yang dibayar.

Kesuksesan enam negara tersebut ternyata tidak diikuti oleh negara besar seperti Amerika Serikat dan Inggris. Negeri Paman Sam hanya mencetak skor 83.75 dan Inggris 97.5.

Mayoritas negara Eropa meski tidak semuanya mencapai skor 100 bisa dibilang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan negara-negara Timur Tengah.

Pasalnya negara-negara di TImur Tengah dan Afrika memiliki skor rata-rata 47.37 atau tidak sampai setengah hak hukum laki-laki.

Skor terendah di negara Timur Tengah dipegang oleh Arab Saudi, skor keseluruhan negara itu hanya 25.63 atau yang terburuk di dunia. sementara Sudan, UEA, Suriah, Qatar dan Iran semuanya mendapat skor di bawah 35.

Sebagai informasi, Kriteria yang dianalisis dalam laporan Bank Dunia tersebut adalah: pergi ke tempat kerja, memulai pekerjaan, dibayar, menikah, punya anak, menjalankan bisnis, mengelola aset, dan mendapatkan pensiun. Itu dipecah menjadi pertanyaan seperti: “Bisakah seorang wanita bepergian di luar rumahnya dengan cara yang sama seperti seorang pria?” dan “Apakah ada undang-undang yang secara khusus menangani kekerasan dalam rumah tangga?”

Secara keseluruhan, rata-rata global berada di 74,71 – peningkatan lebih dari empat setengah poin dibandingkan satu dekade lalu. Tetapi skor menunjukkan bahwa di negara rata-rata, wanita hanya menerima tiga perempat dari hak hukum yang dilakukan pria. (red)

Sumber : cnn

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.