Ini Dia, Intansi Pemerintah Penerima JDIHN Award Kemenkumham

Penerima JDIHN Award 2020 mendapat apresiasi dari Meteri Hukum dan Ham Yasona Laoli. Tandanya mereka telah berusaha memenuhi hak-hak dasar masyarakat khususnya di bidang hukum.

penerima jdihn award

BanenTribun.id- Pemerintah Pusat nampaknya terus berupaya mendorong reformasi birokrasi di setiap lembaga pemerintah. Termasuk dalam urusan penyediaan dokumen peraturan  perundang-undangan secara digital.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasoni Laoli berharap,  kehadiran Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN) bisa memudahkan masyarakat dalam mengakses dokumen peraturan perundang-undangan yang mereka butuhkan.

“Dalam kondisi pandemi corona, layanan publik yang mudah diakses, berbasis digital dan gratis seperti JDIHN sangat dibutuhkan masyarakat.” Ungkap Yasona, pada laman resmi Kementerian yang dipimpinnya.

Lebih lanjut, pria berkacamata itu juga mengatakan, jumlah anggota JDIHN saat kurang lebih dengan 1600 lembaga pemerintah, baik pusat maupun daerah. Sementara sudah sekitar 589 lembaga yang JDIHnya terintegrasi dengan JDIHN milik Kemenkumham.

“JDIHN bahkan telah memuat dokumen hukum dalam bentuk peraturan kepala desa. Kedepan saya yakin JDIHN akan jadi dokumen hukum terlengkap di tanah air.” Imbuhnya, optimis.

Tak sampai disitu, Menkumham juga menyoroti beberapa daerah, khususnya Kabupaten dan Kota secara Sekretariat DPRD nya agar segera memiliki JDIH.

“Ini sangat penting, jika semua daerah dan semua Sekretariat DPRD memiliki JDIH dan terintegrasi, maka dokumen hukum yang mereka hasilkan akan terdokumentasi dalam basis data nasional.” Ungkapnya.

Kepala BPHN Kementerian Hukum dan HAM RI Prof R. Benny Riyanto mengatakan, penerima JDIHN Award ini semoga menjadi penyemangat dan pendorong bagi Anggota JDIHN untuk memberi kinerja terbaik dalam mengelola JDIH pada institusi masing-masing.

Berikut  deretan penerima penghargaan Anggota JDIHN Terbaik 2020 adalah sebagai berikut:

  1. Lembaga Non-Struktural Terbaik: Komisi Pemilihan Umum (KPU)
  2. Kementerian Terbaik: Kementerian Keuangan
  3. Lembaga Negara Terbaik: Badan Pemeriksa Keuangan
  4. Lembaga Pemerintah Non-Kementerian Terbaik: Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia
  5. Provinsi Besar dengan Anggota JDIHN Lebih dari 40 Terbaik: Jawa Barat
  6. Provinsi Menengah dengan Anggota JDIHN 20-40 Terbaik: Bengkulu
  7. Provinsi Kecil dengan Anggota JDIHN <20 Terbaik: Bali
  8. Kabupaten Terbaik: Banyuwangi
  9. Kota Terbaik: Kota Batam
  10. Sekretariat DPRD Terbaik: Sekretariat DPRD Kabupaten Bungu
  11. Perpustakaan Hukum PTN dan PTS Terbaik: Universitas Pamulang
  12. Institusi Pendukung JDIHN: Kementerian PANRB (red)

This website uses cookies.