WHO : Infeksi Corona Kembali Berada di Titik Tertinggi

infeksi corona

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat terjadi lonjakan kasus infeksi corona, bahkan kasus infeksi virus itu berada di titik tertinggi.

BantenTribun.id- Menurut WHO lewat laporan situasi (lapsit), pada sabtu(4/7)  jumlah kasus baru Covid-19 di seluruh dunia mencapai 212.326 kasus dalam 24 jam.

Laporan tersebut menyebutkan ada lebih dari 10,9 juta kasus Covid-19  yang dikonfirmasi secara global, degan 212.326 kasus baru dalam satu hari.

Sementara kasus kematian mencapai 523.011 kasus di seluruh dunia dengan 5.134 kematian dalam 24 jam terkahir.

Fakta itu menunjukan pada semua orang bila penularan virus corona masih harus di waspadai. Virus yang berawal di Tiongkok itu kini episentrum terbesarnya berada di Amerika Utara dan Selatan.

Di kedua wilayah itu, telah terjadi 129.772 kasus baru dalam 24 jam terakhir dan membuat total kasus mencapai 5.58 juta.

Selain Benua Amerika, infeksi corona juga masih tinggi di wilayah Asia. Bangladesh dan India masih menjadi negara dengan lonjakan kasus tertinggi di Asia.

Jazirah Arab juga masih mengalami hal yang sama, masih terjadi kasus baru di Arab Saudi, Pakistan dan Iran.

Lebih lanjut, di benua Eropa – meski beberapa negara telah melakukan pelonggaran – nyatanya kasus masih terjadi. Ada sekitar 19,694 kasus baru di Eropa dan peningkatan terbesar terjadi di Rusia.

Soal masih terjadinya lonjakan kasus di beberapa wilayah dan negara di dunia, WHO mencatat banyak faktor yang mempengaruhi baik pengujian, deteksi kasus, pelaporan, dan lainnya.

Organisasi Kesehatan Dunia itu malah mengingatkan kepada beberapa negara yang telah melakukan pelonggaran sosial untuk mengetatkannya kembali bahkan lockdown.

“Beberapa negara yang sukses menekan transmisi penyebaran dan infeksi corona dan melonggarkan jarak sosial, mungkin harus melakukan intervensi lagi bahkan lockdwon,” tukas Dr. Maria Van Kerkhove, Pimpinan Unit Penyakit Darurat WHO, saat briefing berita di Jenewa, seperti dikutip dari CNBC Internasional. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.