Industri e-Commerce Terus Tumbuh, Perlu Dukungan Banyak Pihak

industri e-commerce
Ilustrasi Industri e-commerce. foto istimewa

Industri e-commerce Indonesia terus tumbuh, oleh karenanya dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah sangat diperlukan.

BantenTribun.id- Industri e-Commerce terus tumbuh seiring dengang pengguna internet di Indonesia yang juga meningkat pesat. Oleh karenanya perlu ada dukungan dari berbagai pihak, agar tidak hanya dikuasai oleh perusahaan-perusahaan besar saja. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Komite Tetap Kadin Bidang Jasa Layanan Logistik Nofrisel, Rabu (5/9).

Nofrisel menambahkan dukungan itu salahsatunya adalah peningkatan Sumberdaya Manusia, dan teknologi pendukung lainnya. “Hal itu dibutuhkan agar industri e-commerce Indonesia tidak ketinggalan dari negara lain.” Ungkapnya, seperti dilansir dari laman kontan.

Pertumbuhan e-commerce diharapkan juga berdampak pada tumbuhnya bisnis dan industri dalam negeri, sebab Indonesia merupakan salahsatu pusat e-commerce di Asia.

“Tidak bisa dipungkiri, saat ini Indonesia menjadi pusat e-commerce, tidak usah bicara Asean dalam negeri saja sudah bagus, toh pasar, barang dan aktifitasnya ada disini.” Tambah Nofrisel.

Pernyataan Nofrisel soal perlunya dukungan banyak pihak, nampaknya sejalan dengna pertumbuhan e-commerce Indonesia yang bisa jadi tertinggi di dunia.

Badan Pusat Statisik mencatat, dari Data Sensus Ekonomi 2016,  Industri e-commerce di Indonesia dlaam sepuluh tahun terakhir tumbuh sektiar 17 persen, dengan jumlah pusaha di bidang ini mencapai 26.2 juta unit.

Riset Bloomberg juga menyebtukan bila pada 2020 hampir separu penduduk di Indonesia bakal terlibat dengan aktivitas e-commerce. Kemudahan, efisiensi dan memutus supply chain menjadi beberapa alasannya.

Selanjutnya, McKinsey dalam paoan bertajuk  ‘Unlocking Digital Opportunity juga menyebutkan ke ranah digital akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi hingga 150 juta dolar pada 2025. Laporan McKinsey juga menyebutkan bila tahun 2025 73 persen penduduk Indonesia akan menggunakan internet dan perangkat mobile menjadi instrumen utamanya.

Dengan kata lain, bila dukungan berbagai pihak termasuk pemerintah dalam peningkatan Sumber Daya Manusia dan kemudahan berusaha menjadi faktor penting dalam perkembangan e-commerce Indonesia.

Terkait dengan tengah disusunnya Rancangan Undang-Undang tentang e-commerce, Nofrisel mengapresiasi usaha tersebut. (aji)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.