Hasil Popda Banten: Target Meleset, Pandeglang Jadi Juru Kunci

popda
Skuad sepakbola Pandeglang di Popda Banten

Kabupaten Pandeglang kembali raih hasil buruk di Pekan Olahrga Pelajar Daerah (Popda) 2018. Target lima besar gagal dicapai, parahnya kontingen asal Kota Badak itu terjerembab di dasar klasemen

Pandeglang, BantenTribun.id – Target Kabupaten Pandeglang menduduki posisi 5 di Popda Banten 2018 yang baru berakhir di Kabupaten Tangerang meleset jauh. Pasalnya, dalam klasemen perolehan medali Pandeglang harus puas menjadi juru kunci dengan raihan 5 emas, 16 perak, dan 40 perunggu. Kegagalan kontingen Pandeglang di Popda ini menuai kritik dari berbagai kalangan masyarakat dan anggota DPRD.

Seperti dikatakan Hadi Mawardi, anggota DPRD Pandeglang, dalam setiap event olahraga pelajar, Pandeglang sangat sulit bersaing bahkan dengan Kabupaten Lebak yang dianggap sama-sama daerah tertinggal.

“Dalam setiap event olahraga Pandeglang-Lebak memang selalu bersaing. Tapi ternyata Lebak mengalami lompatan prestasi sementara Pandeglang lagi-lagi harus menjadi juru kunci. Ini terjadi dalam setiap event olahraga dan harus dilakukan evaluasi,” kata Hadi.

Ditambahkannya, Dinas Pemuda dan Olahraga Pandeglang idealnya fokus dalam pembinaan dengan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan KONI. “Kami melihat Dispora terlalu banyak program seremonial dan minim program pembinaan. Akhirnya seperti ini. Percuma kankeberadaan Dispora?” tandasnya.

Penggiat sepak bola Pandelang Rendi juga menyatakan prihatin dengan buruknya prestasi olahraga pelajar. Padahal kata Rendi, banyak sekali potensi atlet yang tersebar di 35 kecamatan. “Serangkaian kegagalan itu bisa jadi karena anggaran olahraga Pandeglang selalu kecil sehingga minim pembinaan. Atau bisa juga karena pemerintah daerah tidak tahu bagaimana caranya memajukan olahraga. Sudah saatnya pemerintah menjadikan olahraga berkembang dengan serius menyusun program dan memberdayakan potensi yang ada,” kata Rendi.

Terpisah, Kepala Bidang Olaraga Dispora Heni Hendriati menyatakan permohonan maaf atas ketidakberhasilan kontingen Pandeglang di Popda 2018. “Segala upaya sudah dilakukan tapi memang persaingan sangat ketat. Kami mohon maaf,” katanya. (cak/kar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.