Google Kucurkan $ 100 Juta Untuk Perusahaan Telehealth Terkemuka Dunia

Telehealth menjadi opsi dalam layanan kesehatan di masa kini. Teknologi itu dapat mencegah interaksi langsung dengan dokter dan tenaga kesehatan.

Melihat peluang itu. Google sebagai perusahaan teknologi terbesar dunia, berani kucurkan $100 juta untuk perusahaan di bidang Telehealth itu.

telehealth

BantenTribun.id- Dunia Telehealth atau layanan kesehatan jarak jauh berasis teknolologi informasi dan komunikasi makin berkembang di masa pandemi Covid-19.

Inovasi telehealth dinilai menjadi jalan efektif untuk menghindari kontak langsung pasien dengan dokter atau tenaga kesehatan. Khususnya untuk diagnosa, konsultasi, pencegahan maupun pengobatan.

Teknologi telehealth juga digunakan untuk pendidikan dan pelatihan bidang kesehatan hingga riset dan evaluasi.

Sebagai perusahaan teknologi terbesar dunia, yang memiliki berbagai diversifikasi produk. Google rupanya melirik sektor ini. Khususnya yang terkait dengan teknologi Cloud.

Dilansir dari CNBC. Google dikabarkan mengucurkan $100 juta, untuk investasi pada perusahaan telehealth, Amwell.

Amwell yang dulunya bernama American Well itu memilih Google sebagai mitra. Perusahaan yang bermarkas di Boston, Massachutes itu akan memindahkan beberapa platform teknologinya ke Google Cloud.

Aashima Gupta, tim dari divisi Google Cloud menilai, layanan kesehatan jarak jauh atau telemedic adalah opsi yang layak untuk konsumen bidang kesehatan. Kehadiran teknologi itu membuat orang tak perlu lagi datang ke klinik untuk mencari bantuan medis.

Lebih lanjut, Ashima mengatakan, ke depan Google Cloud juga akan menambah kemampuan Machine Learning untuk Amwell. “Bayangkan anda berada di berada diruang tunggu virtual, lalu teknologi Artificial Intelligent membantu anda dalam berkonsultasi.” Ucap Ashima, pada CNBC.

Dimasa Pandemi, Telehealth Jadi Opsi

Layanan kesehatan jarak jauh Amwell menjadi opsi masyarakat Amerika di tengah pandemi Covid-19. Platform perusahaan itu mendapat peningkatan kunjungan hingga 1000 persen.

Dibeberapa wilayah bahkan mencapai 3000 hingga 4000 persen.

Namun seiring tingginya demand, perusahaan sejenis seperti Livongo dan Teladoc juga menjadi pesaing.

Amwell mendapat peningkatan pendapatan hingga 77% di semester pertama 2020.

Perusahaan Telehealth itu bekerjad engan 2 ribu rumah sakit, 55 rencana kesehatan dan 6 ribu pemberi kerja.

Selain itu, alasan lain Amwell mau bekerjasama dengan Google karena beberapa perusahaan mitra. Seperti Mayo Clinic dan Ascension juga bekerjasama dengan Google. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.