GNB “Genjot” Pelaku UMKM Pandeglang Maju dan Dekatkan Konsep Syirkah

 

GNB Pandeglang, usai Musdalub. (foto-ist-BantenTribun)

Gerakan Nusantara Berdaya (GNB) Kabupaten Pandeglang terus berupaya melakukan pemberdayaan, kebersamaan dan ketulusan untuk mendorong pelaku UMKM agar maju dan berkembang. GNB juga mencoba mendekatkan “syirkah” untuk UMKM dan meninggalkan unsur riba.

Pandeglang, BantenTribun.id- Gerakan Nusantara Berdaya (GNB), sebuah organisasi nirlaba yang baru seumur jagung ini, tetap bertekad untuk memberikan kontribusi bagi kemajuan perekonomian masyarakat dengan meningkatkan pola Pemberdayaan, Kebersamaan, Ketulusan, Keterbukaan dan Ketulusan, yang menjadi identitas organisasi ini.

GNB Pandeglang, yang baru menyelenggarakan Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) sekaligus memilih ketua baru,  terus berupaya untuk menjadi organisasi pemberdaya UMKM terbaik di Indonesia, sesuai visi.

“ GNB akan terus melakukan pendampingan kepada pelaku UMKM agar bisa maju dan berkembang, melalui pendekatan pemberdayaan dan kebersamaan,” kata H. Nanan Setiawan, Ketua GNB Pandeglang, kepada BantenTribun, Kamis( 18/6/20).

Menurut Nanan, ketua yang baru terpilih secara aklamasi dalam Munaslub kemarin, jumlah pelaku UMKM Pandeglang yang cukup banyak dengan beragam latar dan jenis usaha, perlu didorong agar bisa maju dan berkembang. UMKM juga perlu disiapkan agar memilki akses untuk berusaha jika jalan tol Serang-Panimbang mulai beroperasi.

“Harus disiapkan dari sekarang, dengan cara  membuka akses, meningkatkan kualitas produk dan lainnya,” terangnya.

Selain itu, membangun sikap kebersamaan, ketulusan dan keterbukaan diantara pelaku menjadi hal penting untuk dibangun agar mereka bisa maju dan berkembang.

Meski tidak mudah, namun GNB secara perlahan akan terus mendekatkan konsep syirkah atau mencoba melepaskan riba dari pendanaan atau permodalan anggotanya.

“Walau tidak gampang, namun saya optimis itu bisa terwujud,” katanya.

Dengan konsep Syirkah atau bagi hasil yang saling menguntungkan antara pemilik modal dan pelaku usaha, dinilai tidak akan memberatkan UMKM dalam berusaha.

“Tentunya dengan pendampingan dan peningkatan kualitas produk salah satunya. Contohnya GNB saat ini sedang membangun kluster perumahan di Pandeglang dengan mengenalkan konsep tersebut,” imbuh Hardi, Wakil Ketua GNB.*(red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.